Tim Kampanye ungkap pemilihan Erick Thohir bagian dari strategi Jokowi

Minggu, 9 September 2018 17:31 Reporter : Supriatin
Tim Kampanye ungkap pemilihan Erick Thohir bagian dari strategi Jokowi jokowi umumkan tim sukses. ©2018 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin, Lodewijk F Paulus membantah dipilihnya Erick Thohir sebagai Ketua TKN agar dapat menguasai media pemberitaan di Tanah Air.

"Mesin media di struktur partai pendukung, katakan Koalisi Indonesia Kerja, sudah ada Ketua Umum Nasdem punya media Metro TV, kemudian media eletronik dan cetaknya Media Indonesia. Kemudian MNC Grup sudah cukup banyak dari Pak Hary Tanoe sendiri," tutur Lodewijk di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Minggu (9/9/2018).

Menurut Sekjen Partai Golkar itu, tidak perlu dikhawatirkan soal netralitas media. "Ya tentunya kalau media, sebagai media profesional pasti tidak berpihak. Tetapi kemampuan figur-figur itu harus kita timbulkan untuk mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin," jelas dia.

Masuknya Erick Thohir sebagai Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin merupakan bagian dari strategi memenangkan Pilpres 2019. Hanya saja, langkahnya secara rinci tidak dapat semuanya disampaikan ke publik.

"Masuknya Pak Erick Thohir sendiri ini memperkuat untuk menyukseskan strategi yang akan dijalani oleh Pak Jokowi nanti," Lodewijk menandaskan.

"Nah tentunya meletakkan seorang Erick Thohir dalam struktur atau menjadi pimpinan tim kampanye nasional tentunya tidak terlepas dari strategi apa yang dimainkan oleh Bapak Jokowi dan Ma'ruf Amin," lanjut dia.

Hanya saja, setiap rencana yang disusun tidak dapat sepenuhnya disampaikan ke publik. Terlepas dari berbagai asumsi dan pendapat pihak lain.

"Kalau saya bocorkan bukan strategi namanya," jelas Lodewijk.

Erick Thohir merupakan pengusaha sekaligus pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dengan fokus pada bisnis media dan entertainment.

Berbagai unit usaha Mahaka seperti di bidang penyiaran ada Gen FM dan Jak FM, stasiun televisi Jak TV, media luar ruang Mahaka Advertising. Kemudian di bagian penerbitan ada Harian Republika dan Golf Digest.

Sementara di ranah digital ada Rajakarcis.com dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan.

Kubu pasangan bakal capres-cawapres petahana Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan KH Ma'ruf Amin telah merampungkan pembahasan susunan nama-nama anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk Pilpres 2019. Dalam susunan itu juga telah tertera nama Ketua Inasgoc Erick Tohir sebagai Ketua TKN.

Susunan TKN Jokowi-Ma'ruf terdiri dari beberapa jabatan. Mulai dari Dewan Penasihat, Dewan Pengarah, Ketua TKN beserta wakil-wakilnya, Sekretaris TKN dan wakil-wakilnya, Bendahara hingga juru bicara.

Tim kampanye Jokowi-Ma'ruf juga memiliki 11 Direktorat yang masing-masing dipimpin pengurus partai pendukung. Serta ada juga beberapa pengurus partai yang berada di divisi tugas khusus.

Posisi dewan penasihat di TKN diisi sembilan Ketua Umum partai pendukung Jokowi-Ma'ruf. Mulai dari Megawati Soekarnoputri, Airlangga Hartarto, Muhaimin Iskandar, Surya Paloh, Romahurmuziy, Osman Sapta Oedang, Diaz Faisal Malik Hendropriyono, dan Grace Natalie.

Kemudian posisi dewan pengarah ditempati Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Try Sutrisno, Puan Maharani, Pramono Anung Wibowo, Sri Mulyani, Agung Laksono, Akbar Tandjung, Dimyati Rais, Siswono Yudhohusodo, Suharso Monoarva, Sidarto tanusubroto, Laksamana TNI Purn Prof Marsetyo.

Sedangkan para Sekjen partai pendukung masing-masing duduk di posisi Wakil Ketua TKN dan akan membantu kinerja Erick Thohir sebagai Ketuanya.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini