Langsung dari Arab Saudi

Tiga Kloter Terakhir Tinggalkan Madinah Pulang ke Indonesia Besok

Jumat, 12 Agustus 2022 19:10 Reporter : Lia Harahap
Tiga Kloter Terakhir Tinggalkan Madinah Pulang ke Indonesia Besok 1.206 Jemaah Haji . ©2022 Merdeka.com/Lia Harahap

Merdeka.com - Penyelanggaraan ibadah haji 1443/2022 akan berakhir. Tiga kloter terakhir akan diberangkatkan dari Madinah pada Sabtu (13/8) besok.

Tiga kloter tersebut yakni BPN 8, SOC 42 dan SOC 43. Pemberangkatan terakhir dari hotel pukul 07.30 WAS. Pesawat akan lepas landas pukul 12.30 WAS.

"Untuk hari terakhir ada tiga kloter yang dikembalikan dari Madinah ke Indonesia. Untuk kesiapan sudah selesai utamanya dari sistem dan sebagainya. Transportasi dari hotel ke bandara, flightnya sudah dikonfirmasi," kata Ketua Daerah Kerja Madinah, Amin Handoyo, kepada tim Media Center Haji (MCH) 2022, di Kantor Daker Madinah, Jumat (12/8).

Amin mengatakan, kloter terakhir akan dilepas oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nizar Ali di Bandara AMMA Madinah.

"Ada pelepasan dan itu dipusatkan di bandara insya Allah akan dihadiri oleh Pak Sekjen," katanya.

Setelah pemberangkatan tiga kloter terakhir, artinya seluruh jemaah haji Indonesia sudah berada di Tanah Air.

2 dari 2 halaman

1 Jemaah Masih Dirawat di KKHI

Sementara itu, satu orang jemaah PIHK asal Kalimantan Selatan masih menjalani perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah. Jika sampai 13 Agustus, jemaah tersebut belum pulih, perawatannya akan dilanjutkan ke RS Arab Saudi Madinah dan maka pengawasannya di bawah kendali Kantor Urusan Haji (KUH) di Jeddah.

Amin mengatakan, panitia terus berkomunikasi dengan pihak travel yang memberangkatkan jemaah tersebut. Informasi dia terima bila akan dipulangkan ke Tanah Air, jemaah tersebut harus dalam posisi lay down atau dibaringkan yang artinya membutuhkan enam seat di pesawat.

"Sampai saat ini pihak travel sudah mengusahakan tiketnya namun belum berhasil. Maka kita persiapkan beberapa skema, mengembalikan jemaah tersebut ke RSAS karena tidak ada pilihan lain. Karena akhir pelayanan 15 Muharram. Tepatnya 13 Agustus," jelas dia.

Amin menambahkan jemaah yang masih tertinggal karena menjalani perawatan di rumah sakit akan dipantau oleh Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah.

"Tiga orang ini akan dilayani oleh kantor urusan haji Jeddah mereka stay di sini. Karena semua petugas harus pulang ke Indonesia," tutup Amin. [eko]

Baca juga:
Hanya 4 Daerah di Papua Barat Tanggung Biaya Transportasi Jemaah Haji ke Makassar
Cuaca Ekstrem, 280 Koper Jemaah Haji Debarkasi Makassar Terpaksa Ditinggal di Madinah
Pengalaman Spiritual Mualaf asal Papua saat Naik Haji: Orang Arab Cium Badan Saya
Angka Kematian Jemaah Haji Rendah, Kapuskes: Pertama Dalam Sejarah
PPIH Minta KBIHU Ikut Aturan Berlaku Terkait Haji, Pastikan Ada Sanksi Bila Melanggar
Pemerintah Saudi Usul Jemaah Berziarah di Madinah juga Dapat Pemahaman Soal Sejarah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini