KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Teroris jaringan Abu Jandal ditangkap berkat pesan rekan di penjara

Senin, 19 Juni 2017 23:32 Reporter : Masfiatur Rochma
Densus 88 kawal pelaku bom gereja Oikumene. ©2016 Merdeka.com/Nur Aditya

Merdeka.com - Dua terduga teroris SM dan ATM ditangkap di lokasi dan waktu berbeda. SM ditangkap di Malang, sekitar pukul 07.30 WIB. Kemudian ATM ditangkap di depan Masjid Umar, Surabaya, selesai menjalankan ibadah salat sekitar pukul 11.45 WIB.

Penangkapan terduga teroris SM diketahui pergi ke negeri basis ISIS, Suriah, bersama Abu Jandal beberapa tahun lalu. Di sana SM ikut pelatihan militer.

Sementara Abu Jandal menetap di Suriah, SM kembali ke Indonesia. "Bersama Junaidi, SM kembali ke Indonesia," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Senin (19/6).

Junaidi sudah ditangkap Densus dan kini mendekam di dalam penjara. Selain itu rekan SM lainnya, seperti Febri Rahman, juga sudah ditangkap dan sekarang di Lapas Malang.

Barung menjelaskan, Febri melakukan komunikasi telepon dengan kakaknya. Dia meminta kakaknya supaya menyampaikan sebuah pesan kepada ikhwan (panggilan persaudaraan di kelompok ini) di Mondokoro, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Percakapan itu terlacak dan diduga merencakan aksi teror. Lalu ditangkaplah SM di Malang. "Densus masih menyelidiki isi pesan yang dilakukan Febri melalui telepon di dalam penjara itu," ujar Barung.

Dari SM, Densus melakukan penyelidikan dan diketahuilah nama jaringannya, ATM, tinggal di Tanah Merah II, Kecamatan Kenjeran, Surabaya. Dia ditangkap pada Senin siang. "ATM ini ikut deklarasi ISIS bersama Zaenal Anshori di Mega Mendung, Malang," jelas Barung.

Saat ini, Kepolisian telah memasang garis polisi di gang masuk menuju rumah yang ditinggali ATM selama ini. Tim Densus melakukan penggeledahan untuk mencari barang bukti terkait dugaan terorisme yang didugakan kepada ATM dan SM. SM ditahan di Mako Brimob Malang, sementara ATM di Surabaya. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Terorisme
  2. Surabaya
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.