Terobosan IZI Sediakan Daging Kurban Olahan untuk Warga Terdampak Covid-19

Sabtu, 4 Juli 2020 13:06 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Terobosan IZI Sediakan Daging Kurban Olahan untuk Warga Terdampak Covid-19 Direktur Utama Inisiatif Zakat Indonesia Wildhan Dewayana. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Meningkatnya kasus positif Covid-19 di tanah air berdampak pada kelangsungan ekonomi warganya. Dampak lainnya adalah segala interaksi masyarakat beralih menjadi daring, termasuk berkurban jelang Idul Adha.

Kondisi ini dimanfaatkan Lembaga zakat nasional, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI). IZI ikut berperan menjaga kualitas pelaksanaan berkurban dengan meluncurkan produk daging qurban olahan berupa abon.

IZI menggandeng 3 (tiga) mitranya dari Unit Usaha Kecil-Menengah (UMKM) dalam pengelolaan daging kurban olahan berupa abon ini. Di antaranya, UMKM Fatimah Azzahra dan UMKM Abon Kita. Keduanya merupakan UMKM yang berizin usaha di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Selebihnya adalah UMKM yang berizin usaha di Lumajang, Jawa Timur, bernama UMKM Arya Wiraja.

Program bertema "Abon Kita, Qurban IZI" ini diluncurkan Inisiatif Zakat Indonesia untuk memudahkan para Calon Pekurban (Mudhohy) dalam melaksanakan ibadah kurban yang akan disalurkan kepada warga terdampak Covid-19 di wilayah 3 T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal), Jabodetabek dan di 16 kantor perwakilan IZI (Lampung, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Kaltara, Kaltim, Banten, Riau, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan).

"Terpilihnya abon sebagai produk daging kurban olahan yang diusung IZI tidak terlepas dari proses pemikiran yang panjang. Mulai dari penggunaan metode survei langsung kepada penerima manfaat binaan mereka, didapatkan kesimpulan bahwa Abon secara cita rasa cocok dengan lidah masyarakat Indonesia, mudah dikonsumsi tanpa harus diolah Kembali," kata Direktur Utama Inisiatif Zakat Indonesia Wildhan Dewayana, Sabtu (4/7).

Baca Selanjutnya: Kelebihan Abon Produksi IZI...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini