Terkait Ustaz Abdul Somad, MUI Akan Silaturahmi dengan Tokoh Lintas Agama

Rabu, 21 Agustus 2019 22:40 Reporter : Ronald
Terkait Ustaz Abdul Somad, MUI Akan Silaturahmi dengan Tokoh Lintas Agama Ustaz Abdul Somad di MUI. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan berupaya meredam persoalan Ustaz Abdul Somad (UAS) terkait ceramahnya yang menjadi viral. Salah satunya adalah melakukan silaturahmi ke tokoh-tokoh lintas agama. Diharapkan, silaturahmi ini dapat mencabut laporan polisi.

"Pekan depan saya kira sudah mulai dilakukan silaturahim. Ya harapannya supaya tidak ada gugatan balasan dari pihak yang lain dan kemudian kalau dicabut ya lebih bagus," kata Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi Masduki Baidlowi, di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (21/8).

"Misalnya GMKI yang sudah menyatakan keberatan sehingga melaporkan, GMKI itu kelompok Cipayung. Di dalamnya ada PMII, ada HMI, jadi ada organisasi kemahasiswaan yang lain. Jadi ini nanti persoalan bisa merembet ke mana-mana. Oleh karena itu, untuk menghindari itu harus kita selesaikan secara kultural," sambung Masduki.

Katanya, silaturahmi ini diharapkan dapat meredam suasana. Sebab, jika tidak kasus ini akan ditunggangi unsur politik.

"Kami tidak dalam rangka masuk di mana hukum itu dipersoalkan, hanya kami mengimbau agar tidak masuk ke wilayah hukum. Karena kalau masuk wilayah hukum itu tidak selesai karena ada tuntutan baru dari persoalan lain yang sama masalahnya dan itu tidak akan selesai, dan ini yang masuk akhirnya dampaknya ke politik," pungkas Masduki.

Lebih lanjut ia mengatakan, silaturahim dengan berbagai tokoh masyarakat terutama tokoh lintas agama guna menjaga persatuan dan kesatuan.

"Bagaimana supaya persatuan dan kesatuan bangsa ini harus kita jaga bersama-sama. Di sinilah yang kita maksud persoalan peka itu, karena itu kita panggil Ustaz Somad, lalu dia menjelaskan, kita juga jelaskan langkah-langkah, Bapak Abdul Somad ini akan kita selesaikan tidak di ranah hukum," pungkasnya. [eko]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini