Tepergok Curi Rumah Warga, Pria asal Musi Rawas Tewas Digebuki Massa

Kamis, 7 Januari 2021 14:00 Reporter : Irwanto
Tepergok Curi Rumah Warga, Pria asal Musi Rawas Tewas Digebuki Massa Ilustrasi Mayat. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Rival alias Inai (25) tewas usai digebuki massa. Hal itu lantaran pelaku tepergok mencuri barang berharga di salah satu rumah warga.

Peristiwa itu bermula saat pelaku mencuri rumah korban Kartono alias Tono (37) di Desa Tri Anggun Jaya, Kecamatan Muara Lakitan, Musi Rawas, Sumatera Selatan, Selasa (5/1). Dia masuk dengan cara merusak kunci gembok pintu belakang saat pemilik rumah berangkat ke kebun.

Dengan leluasa, pelaku mengambil barang-barang berharga, seperti dua buah tabung gas elpiji 3 kg, satu buah receiver merk goldsat, dua unit lampu senter, sepasang sandal merek Carvil, ponsel, selembar celana panjang jins, dan dompet berisi uang tunai Rp800 ribu. Barang-barang itu disembunyikan pelaku di selokan yang berada sekitar 50 meter dari TKP, lalu pelaku pergi.

Tak lama kemudian, korban kaget barang-barang berharga miliknya tak lagi di tempat. Dia pun meminta bantuan warga mencari pelaku dan menelusuri jejaknya.

Korban dan warga menemukan hasil curian di gorong-gorong. Mereka pun sepakat mengintai dari siang hingga malam agar dapat meringkus pelaku.

Benar saja, pelaku datang bersama seorang rekannya datang ke lokasi untuk mengambil barang-barang tersebut. Spontan, warga memergoki keduanya. Pelaku Rival berhasil ditangkap, sementara temannya kabur.

Saat diinterogasi, pelaku mengakui perbuatannya. Kesal, massa menghajar pelaku hingga babak belur. Pelaku tewas tak lama dalam perawatan di rumah sakit akibat luka parah di bagian kepala.

Kapolsek Muara Lakitan AKP M Romi mengatakan, jenazah pelaku telah diserahkan ke pihak keluarga dan dimakamkan di kampungnya di Desa Sembatu Jaya, Kecamatan BTS Ulu, Mura tewas. Pelaku mengakui mencuri barang-barang korban dan menyembunyikan hasil curian di suatu tempat untuk kemudian diambil kembali pada saat malam harinya.

"Pelaku mencuri seorang diri dan dia dipergoki warga saat mengambil barang-barang yang dicuri. Warga emosi dan mengeroyoknya, pelaku tewas," ungkap Romi, Kamis (7/1).

Usai kejadian, situasi di lokasi tetap kondusif. Hanya saja, pihaknya mengimbau warga tidak main hakim sendiri ketika mendapati aksi kejahatan dan sebaiknya menyerahkan kasus itu ke polisi.

"Petugas tetap melakukan pemantauan di TKP untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi sejauh ini tetap kondusif," pungkasnya. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pencurian
  3. Muara Beliti Musi Rawas
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini