Temui Wapres, Kasad Dudung Sampaikan Strategi Penanganan Keamanan Papua

Rabu, 1 Desember 2021 17:04 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Temui Wapres, Kasad Dudung Sampaikan Strategi Penanganan Keamanan Papua Wapres Maruf Amin terima kehadiran KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman. ©2021 setwapres

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin bertemu Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Ruang Kerja Istana Wapres, Jakarta Pusat, Rabu (1/12). Pertemuan yang berlangsung selama satu jam tersebut membicarakan mengenai penanganan kesejahteraan Papua.

Hal itu sering Ma'ruf menjadi Ketua Dewan Pengarah Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi memberikan contoh pola pendekatan yang dilakukan oleh KSAD Jenderal Dudung sebagai pimpinan Angkatan Darat. Salah satunya melakukan pendekatan dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang dirangkul seperti saudara sebagai upaya mewujudkan pendekatan kesejahteraan dan keamanan untuk Papua.

“Membangun hubungan kemanusiaan itu sudah dibuktikan oleh Pak KSAD yang menyatakan teman-teman kita di Papua, KKB itu adalah saudara yang perlu dirangkul bersama-sama,” katanya.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Ma'ruf mengapresiasi Dudung yang berencana akan melakukan pendekatan keamanan di Papua melalui pendekatan humanistik. Menurut Masduki, pendekatan humanistik akan mampu menarik simpati rakyat. Sehingga mempermudah proses pendekatan keamanan bagi masyarakat Papua.

“Pendekatan ini punya perspektif yang bisa membangun suasana kedamaian dan keakraban di Papua,” tuturnya.

Selain pendekatan humanistik, Masduki mengungkapkan akan dilakukan pula pendekatan masyarakat melalui pendekatan teritorial. Kemudian berdasarkan wilayah yang diharapkan dapat tepat sasaran pada masyarakat.

“Pendekatan teritorial dengan basisnya kalau di tingkat kabupaten itu ada Kodim, lalu kemudian ada Koramil atau Danramil, sampai ke tingkat Babinsa. Wapres juga sangat setuju,” ungkapnya.

Lebih jauh, Masduki menambahkan bahwa pemikiran Ma'ruf sejalan dengan gagasan yang dikemukakan oleh Dudung. Sebelumnya pada minggu lalu Ma'ruf juga sempat bertemu Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan pembahasan yang sama.

“Yang dikemukakan oleh Bapak KSAD ini memang sejalan dengan pikiran Bapak Wapres, dan dengan Bapak Andika ternyata gagasannya sama. Jadi, antara gagasan Wapres, KSAD, dan Panglima TNI itu in line_,” jelas Masduki. [ded]

Baca juga:
Jenderal Dudung: Prajurit TNI AD Harus Dicintai dan Mencintai Rakyat
Darah Kasad Jenderal TNI Dudung Pernah Sampai Mendidih, Ini Penyebabnya
Beraninya Deddy Corbuzier Sebut Kasad Dudung Jenderal Nekat dan Jenderal Baliho
Kenang Masa Kecil di Bandung, Kasad Dudung Mengaku Tak Pernah Pacaran
Kasad Jenderal Dudung Minta Prajurit TNI Harus Dekat dengan Polisi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini