Tanah Longsor di Gayo Lues Aceh, 2 Warga Tertimbun

Selasa, 23 November 2021 08:54 Reporter : Supriatin
Tanah Longsor di Gayo Lues Aceh, 2 Warga Tertimbun Tanah longsor di Gayo Lues ©2021 Merdeka.com/HO-BPBD Gayo Lues

Merdeka.com - Tanah longsor terjadi di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, Senin (22/11) sekitar pukul 22.00 WIB. Dua warga tertimbun material longsor.

"Satu warga di antaranya telah dievakuasi tim gabungan dalam kondisi meninggal dunia," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari, Selasa (23/11).

Abdul menjelaskan, seorang warga masih dalam pencarian. Korban yang masih tertimbun longsor ini diperkirakan berusia 60 tahun.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gayo Lues melaporkan, mereka melibatkan TNI, Polri, dan warga setempat dalam pencarian korban. Titik longsor berada di antara Kecamatan Rikit Gaib dan Pantan Cuaca.

Menurut BPBD Kabupaten Gayo Lues, tanah longsor terjadi setelah hujan deras. Pencarian korban terkendala hujan deras dan kondisi malam hari.

Prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kecamatan Rikit Gaib dan Pantan Cuaca masih berpotensi dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga Rabu (24/11).

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi bahaya hidrometeorologi basah, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.

"Warga dan komunitas dapat menyiapkan rencana kesiapsiagaan maupun menjalin komunikasi antardesa untuk memantau kondisi dan potensi terjadinya bencana hidrometeorologi," imbau Abdul.

Baca juga:
Sebabkan 4 Warga Tewas Tertimbun, Ini 5 Fakta Tebing Longsor di Banjarnegara
Derita Warga Kanada yang Dilanda Banjir Selama Sepekan
Musim Hujan, Polisi Imbau Pengguna Jalan Hati-Hati di Jalur Puncak Hingga Cianjur
Kerja Bakti Perbaiki Irigasi, 10 Warga di Cianjur Terluka Tertimpa Longsoran Tanah
Longsor di Darajat Garut, Operasional PLTP Tidak Terganggu
BPBD Garut Pastikan Longsor di Darajat Jauh dari Permukiman Penduduk

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini