Sumber api kebakaran Pasar Besar Malang diduga dari Toko Santoso

Kamis, 26 Mei 2016 12:49 Reporter : Darmadi Sasongko
Sumber api kebakaran Pasar Besar Malang diduga dari Toko Santoso Pasar Besar Malang kebakaran. ©2016 merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Sumber api kebakaran Pasar Besar Malang masih belum diketahui secara pasti. Ada sejumlah versi yang menyebabkan pasar terbasar di Malang itu terlalap api.

Menurut, penjaga Toko Rezeki Baru, Akong menyebutkan sumber api berasal dari kios barang pecah belah yang berlokasi di tengah pasar. Dia mengatakan sumber api berasal dari Toko Santoso yang kemudian merembet ke beberapa bagian.

"Sekitar pukul 03.30 WIB saya mulai membuka toko, kemudian banyak teriakan dari dalam. Kemungkinan dari Toko Santoso," Akhong, di Malang, Rabu (26/5).

Pasar Besar Malang terbakar sekitar pukul 04.00 WIB. Api bersumber dari lantai 2, namun tidak diketahui titik pastinya. Hingga pukul 12.00 WIB, puluhan mobil pemadam kebakaran masih bekerja keras untuk menjinakkan si jago merah. Dua blok toko terbakar, namun jumlah resminya belum teridentifikasi.

"Dari sumber yang kami terima api dari Toko Santoso, percikan api terlihat pukul 03.15 WIB," kata Wakil Wali Kota Malang, Sutiasi.

Kepala Dinas Pasar Kota Malang, Wahyu Setyanto mengungkapkan, api bersumber dari pasar sebelah utara. Petugasnya menemukan api sekitar pukul 03.00 WIB di sisi utara.

"Penjaga menemukan titik api di sebelah utara, kemudian berusaha dipadamkan tetapi tidak mengatasi hingga sekarang ini," katanya.

Sementara itu, warga dan pemilik kios di Pasar Besar belum diizinkan melihat kiosnya sampai kondisi aman. Hanya beberapa pemilik kios di bagian pinggir yang berhasil menyelamatkan barang-barang dagangan.

Kini banyak warga yang masih penasaran untuk mengetahui kondisi dagangan di dalam pasar. Mereka berharap bisa segera untuk melihat keadaan di dalam.

"Kita tunggu sampai selesai pemadaman, semoga segera diperbolehkan masuk," kata Mirza, pemilik kios di lantai 2.

Kabag Ops Polresta Malang, Kompol Dodot Dwiyanto mengungkapkan, seluruh personel dikonsentrasikan untuk mengamankan lokasi. Pihaknya mengamankan proses pemadaman oleh petugas, sekaligus mengamankan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita kerahkan seluruh pasukan, kita konsentrasikan di sini. Kita utamakan semua pasukan ke sini," katanya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Malang
  2. Kebakaran Pasar Besar Malang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini