Sultan HB X Tegur Pesepeda yang Berkerumun di Malioboro dan Titik Nol Kilometer

Senin, 8 Juni 2020 16:43 Reporter : Purnomo Edi
Sultan HB X Tegur Pesepeda yang Berkerumun di Malioboro dan Titik Nol Kilometer Sultan Hamengku Buwono X umumkan dua RS penanganan corona di Yogya. ©2020 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Sejak dua hari yaitu Sabtu (6/6) dan Minggu (7/6), para pengguna sepeda di Yogyakarta terus memadati kawasan Malioboro dan Titik Nol Kilometer di tengah kondisi DIY yang masih berstatus tanggap darurat Covid-19. Hal ini mendapatkan tanggapan dari Gubernur Sri Sultan HB X.

Sultan HB X mengaku memantau kerumunan para pesepeda di kawasan Titik Nol Kilometer dan Malioboro. Sultan HB X menilai banyak pesepeda masih belum mematuhi protokol Covid-19 dengan tidak memakai masker dan berkerumun.

"Minggu malam saya juga keluar. Keliling lewat Malioboro. Kalau di Malioboro mereka kongkow-kongkow sambil duduk ya ora nggo masker (tidak mengenakan masker)," ujar Sultan HB X, Senin (8/6).

Sultan HB X dengan tegas meminta masyarakat mematuhi protokol Covid-19 dengan memakai masker saat keluar rumah dan menjaga jarak atau tidak berkerumun. Sultan HB X menyebut jika masyarakat masih tak mematuhi maka pihaknya akan membubarkan kerumunan tersebut.

"Jangan sampai saya close ya itu, sehingga nanti terjadi Covid (gelombang) kedua harus kita hindari. Jadi saya minta kesadaran mereka yang ada di Malioboro. Iya (dibubarkan jika kumpul-kumpul). Saya akan menempuh itu karena risiko terlalu besar," tegas Sultan HB X.

Sultan HB X menerangkan bukan tanpa alasan dia melarang masyarakat berkerumun. Sultan HB X menyebut apabila terjadi penularan virus Corona maka tracing akan sulit dilakukan.

"Soalnya kalau terjadi sesuatu ya di Malioboro nanti tracingnya rekoso (susah) kalau tidak pakai masker. Apalagi ada dari luar daerah kan jadi susah gitu lho," ungkap Sultan HB X.

Secara khusus Sultan HB X pun meminta kepada pengampu kebijakan di Kota Yogyakarta maupun Pemda DIY agar turun tangan melakukan penertiban kerumunan di kawasan Malioboro dan Titik Nol Kilometer.

"Saya sudah telepon sama Pak Heroe (Wakil Wali Kota Yogyakarta) sama Pak Sekda (Kadarmanta Baskara Aji). Saya minta Pak Sekda sama Pak Heroe untuk koordinasi apa yang bisa kami bantu untuk menertibkan mereka yang tidak pakai masker. Bagaimanapun harus pakai masker," pungkas Sultan HB X. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini