Status Gunung Semeru Turun jadi Level Siaga

Jumat, 9 Desember 2022 14:20 Reporter : Supriatin
Status Gunung Semeru Turun jadi Level Siaga Potret dahsyatnya erupsi Gunung Semeru. ©Instagram/@bbtnbromotenggersemeru

Merdeka.com - Setelah mengalami erupsi, status Gunung Semeru turun menjadi level III atau Siaga. Sebelumnya, Gunung Semeru berstatus level IV atau Awas.

"Tingkat aktivitas Gunung Semeru dapat diturunkan dari Level IV (Awas) menjadi Level III (Siaga) terhitung sejak tanggal 9 Desember 2022 pukul 12.00 WIB," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid melalui siaran pers, Jumat (9/12).

Wafid menjelaskan, berdasarkan pengamatan visual saat ini, Gunung Semeru masih mengalami letusan. Aktivitas ini membuat tumpukan material letusan (pyroclastic cone) ataupun lidah lava.

Awan panas guguran (APG) juga masih terjadi sebanyak dua kali dengan jarak luncur hingga 6 Km ke arah tenggara. Teramati guguran dengan jarak 300–500 meter ke arah tenggara.

"Gempa-gempa vulkanik (vulkanik dalam dan vulkanik dangkal) masih terekam dan berfluktuasi," imbuhnya.

Wafid menyebut, potensi ancaman bahaya Gunung Semeru saat ini berupa banjir lahar. Kemudian erupsi dan APG tercampur dengan hujan intensitas tinggi, terutama di sungai yang berhulu di puncak.

2 dari 2 halaman

Menurutnya, aktivitas Gunung Semeru akan ditinjau kembali jika mengalami kemunculan gempa-gempa vulkanik dan deformasi berkaitan dengan proses supply magma ke permukaan yang signifikan.

Meskipun status Gunung Semeru menurun, Wafid mengimbau tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan dan Kali Lanang sejauh 13 Km dari puncak (pusat erupsi).

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas di sungai maupun pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan.

"Karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 Km dari puncak," ucapnya. [tin]

Baca juga:
Aliran Lahar Gunung Semeru Pecah jadi Tiga Setelah Erupsi
Menhan Prabowo Temui Pengungsi Erupsi Semeru: Kalau Ada Kesulitan Disampaikan Ya
Pengungsi Erupsi Semeru Mulai Diserang Penyakit, Alami Batuk hingga Sesak Napas
BNPB Beri Bantuan Rp250 Juta untuk Penanganan Erupsi Gunung Semeru
Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Segera Tempati Hunian Relokasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini