Sopir angkutan Lebaran di Makassar diperiksa urine hingga kolesterol

Senin, 19 Juni 2017 20:06 Reporter : Salviah Ika Padmasari
Sopir di Makassar tes kesehatan. ©2017 Merdeka.com/Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Sopir angkutan Lebaran menjalani pemeriksaan kesehatan di terminal Mallengkeri, Makassar, Senin (19/6). Pemeriksaan kesehatan mulai dari tekanan darah, kolesterol, gula dan urine. Petugas juga mengeluarkan dua alat penyerap polusi udara dan alat pengukur ketebalan debu atau HVAS atau High Volume Air Sample. Dua alat ini sengaja dipasang untuk mendeteksi situasi di lingkungan terminal yang langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi kondisi para sopir.

Dokter dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Makassar Eni Setiawati menjelaskan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut koordinasi beberapa waktu lalu yang melibatkan lintas sektoral terkait kegiatan Sistem Kewaspadaan Dini (SKD) arus mudik lebaran.

"Sementara ini baru tujuh sopir yang kita periksa baik cek tekanan darah, kolesterol, gula dan urinenya. Belum ada yang terindikasi menggunakan obat-obatan yang mengandung anfetamin. Namun rata-rata mereka tinggi gula dan kolesterolnya. Oleh karena itu, setelah pemeriksaan ini para sopir diminta untuk melanjutkan pengobatan di puskesmas terdekat," kata Eni Setiawati.

Salah seorang sopir rute Makassar-Kabupaten Bulukumba Danial (51) mengaku selalu menjaga staminanya. Namun hasil pemeriksaan dokter justru mengejutkan. Tekanan darah, gula dan kolesterolnya cukup tinggi.

"Yang penting saya sudah tahu kondisi kesehatan saya. Habis ini, saya akan memeriksa lebih lanjut dengan membawa hasil pemeriksaan tadi. Biar bawa mobil nanti lebih aman," tutur Danial. [noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.