Situs Sejarah di Jalur Tol Malang-Pandaan Diekskavasi Selama 5 Hari

Selasa, 12 Maret 2019 22:00 Reporter : Darmadi Sasongko
Situs Sejarah di Jalur Tol Malang-Pandaan Diekskavasi Selama 5 Hari Situs Sejarah di Jalur Tol Malang-Pandaan. ©2019 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto melakukan ekskavasi atau penggalian situs sejarah yang ditemukan di jalur Tol Malang-Pandaan. Sebuah tim melakukan penggalian guna mengetahui lebih jauh struktur bata yang ditemukan di lokasi.

"Ini penggalian, penyelamatan untuk mengetahui struktur bata yang ada di lokasi ini, seberapa besar, seberapa luas dan bagaimana bentuk dan denahnya," kata Wicaksono Dwi Nugroho, Arkeolog BPCB Jawa Timur selaku Ketua Tim Ekskavasi di lokasi, Desa Sekarpura, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Selasa (12/3).

"Sementara dari penampakan yang di tebing, struktur bata mengarah ke barat daya. Kita akan melihat orientasi kelanjutan struktur bata tersebut," sambungnya.

Wicaksono bersama 8 orang yang terdiri dari arkeolog, juru gambar, teknisi pemetaan wilayah mengawali dengan membuka dua kotak galian terlebih dahulu. Selanjutnya galian akan mengikuti arah bangunan situs. Ekskavasi dilakukan dalam 5 hari ke depan untuk bisa menjawab luasan dan bentuk bangunan.

"Kita mencoba merekonstruksi bentuk, denah berapa luas, seberapa signifikan, karena menurut keterangan masyarakat ini dulu punden, kebetulan terlintasi jalan tol. Kalau orang Jawa, mengkeramatkan, memang ada sesuatu, sesuatu apa itu yang akan kita jawab," jelasnya.

Sementara itu dalam pantauan Merdeka.com di lokasi, susunan batu bata terlihat di dinding tebih. Sebagian rusak oleh bach hoe proyek yang kemudian dihentikan pembangunannya.

Ekskavasi diawali dengan prosesi doa serta pemetaan lokasi sebelum dilakukan penggalian. Beberapa orang terlihat melakukan prosesi ritual. Hasil penggalian sementara tampak 18 batu bata bersusun yang diduga sebagai pondasi rumah. Karena di bawah bata merah paling dalam, ditemukan lapisah pemadatan. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini