Siklon Tropis Paddy, BMKG Prediksi Pulau Jawa Alami Hujan & Angin Kencang

Selasa, 23 November 2021 20:24 Reporter : Fikri Faqih
Siklon Tropis Paddy, BMKG Prediksi Pulau Jawa Alami Hujan & Angin Kencang Siklon tropis Paddy. ©2021 @infoBMKG

Merdeka.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di Pulau Jawa dan bagian selatan Pulau Sumatera akan mengalami hujan disertai angin kencang hingga 24 November 2021. Cuaca ini disebabkan adanya Siklon Tropis Paddy di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah.

Berdasarkan pemutakhiran BMKG, Siklon Tropis Paddy terpantau di Samudera Hindia bertekanan terendah 995hPa dengan kecepatan angin maksimum 40 knot.

“Analisis Siklon Tropis Paddy terpantau berada di Samudra Hindia Selatan Jawa tengah, tepatnya di 13.6 derajat lintang selatan. 107.5 derajat bujur timur (sekitar 730 kilometer sebelah selatan barat daya Cilacap), bertekanan 995 hPa dengan kekuatan 40 knot (75 km/jam). Bergerak ke arah Barat dengan kecepatan 5 kilometer/jam menjauhi wilayah Indonesia,” dalam informasi yang dibagikan @infoBMKG, Selasa (23/11).

Dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia terjadi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang 24 jam ke depan. Ini akan berdampak terhadap cuaca di Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Siklon Tropis Paddy ini juga menyebabkan perairan di barat Bengkulu, teluk lampung bagian selatan, Selat Sunda bagian utara, perairan selatan Jawa Timur hingga Lombok dan Samudra Hindia selatan Jawa Timur hingga NTB mengalami gelombang laut setinggi 1,25-2,5 meter.

Sementara itu, gelombang laut diprediksi akan mencapai 2,5-4 meter di Perairan barat Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Perairan selatan Banteng hingga Jawa Tengah, Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga selatan Jawa Tengah. [fik]

Baca juga:
Sejumlah Daerah di Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Lebat
BMKG Susun Rencana Aksi Nasional Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim
Kepala BMKG: Indonesia Sangat Rentan Terdampak Perubahan Iklim
BMKG Prediksi Hujan Lebat, 8 Kecamatan di NTT Berstatus Waspada Banjir
Fenomena Water Spout di Perairan Buleleng Bali Jadi Tontonan Warga
Jakarta Diperkirakan Diguyur Hujan sejak Siang hingga Malam Hari

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini