Sidang Etik Brigjen Hendra Kurniawan Tak Kunjung Digelar, Polri: Mohon Sabar

Selasa, 27 September 2022 16:21 Reporter : Nur Habibie
Sidang Etik Brigjen Hendra Kurniawan Tak Kunjung Digelar, Polri: Mohon Sabar Profil Brigjen Hendra Kurniawan. Instagram @sealisyah ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Polri telah menyiapkan perangkat sidang etik untuk Brigjen Hendra Kurniawan, atas kasus kematian Brigadir J alias Nofryansyah Yoshua Hutabarat. Diketahui, ia telah menjadi tersangka Obstruction of Justice (OJ) atau mengahalang-halangi penyidik terkait perkara tersebut.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, sidang etik Brigjen Hendra ini nantinya akan dipimpin atau diketuai oleh Wakil Irwasum Polri Irjen Tornagogo Sihombing.

"Perangkat sidangnya sudah, nanti pimpinan sidangnya Wairwasum bintang dua," kata Dedi kepada wartawan, Selasa (27/9).

Kendati demikian, jenderal bintang dua ini belum bisa memastikan kapan sidang etik terhadap Brigjen Hendra Kurniawan itu akan digelar.

"Saya sudah tanyakan juga kemarin kepada pak Karowabprof, memang sedang dipersiapkan. Karena memang saksi kuncinya ini kemarin hadir sidang, atau dalam menjalani pemeriksaan yang bersangkutan sakit lagi, yang satu tensi, satu sakit lagi pasca operasi lagi. Memang masih butuh penyembuhan," ujarnya.

Mengenai peluang sidang Brigjen Hendra Kurniawan digelar minggu ini, ia tidak ingin berandai-andai. Sebab, Dedi mengaku belum mendapatkan informasi kapan sidang bakal digelar.

"Apabila sudah ada kepastian jadwal sidang dari Karowabprof, atau Kadiv Propam. Saya informasikan lagi kepada teman-teman ya, mohon sabar," paparnya.

"Nanti nunggu dulu ya saya enggak berandai-andai ya, ketika sudah ada kepastian dari Kadiv Propam, saya sampaikan," tutupnya.

2 dari 3 halaman

5 Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Diketahui, Polri telah menetapkan lima orang tersangka atas kasus tewasnya Brigadir J alias Nofryansyah Yoshua Hutabarat. Kelima orang itu yakni Irjen Ferdy Sambo, Bripka Ricky Rizal, Bharada Richard Eliezer, Kuat Maruf dan Putri Candrawathi.

Dalang atau otak di balik pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J ini adalah Ferdy Sambo. Oleh karena itu, ia pun bersama dengan tiga orang tersangka lainnya, Bripka Ricky Rizal, Kuat Maruf dan Putri Candrawathi dikenakan Pasal 340 subsider Pasal 338 Juncto Pasal 55 dan Pasal 56. Sedangkan, untuk Bharada Richard Eliezer sendiri hanya dikenakan Pasal 338 saja.

Meski sudah menjadi tersangka, Putri belum dilakukan penahanan. Sedangkan, Ferdy Sambo ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Lalu, untuk Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal dan Kuwat Maruf ditahan di Rutan Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

3 dari 3 halaman

7 Tersangka Obstruction Of Juctice

Dirtipidsiber Bareskrim Polri Brigjen Asep Edi Suheri menambahkan, pihaknya telah menyita sejumlah barang bukti terhadap dugaan tindak pidana yang dilakukan enam polisi tersebut. Mereka diduga berupaya menghalangi penyidikan lewat pengaburan keberadaan CCTV di sekitar TKP.

"Untuk Pasal yang disangkakan yaitu Pasal 32 dan 33 UU ITE dan juga Pasal 221, 223 KUHP dan juga 55 56 KUHP," kata Asep.

Berikut lengkapnya:

1. Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo
2. AKP Irfan Widyanto Kasubnit I Subdit III Dittipidum
3. Mantan Karopaminal Divisi Propam Polri Brigjen Hendra Kurniawan
4. Mantan Kaden A Biropaminal Divisi Propam Polri Kombes Agus Nurpatria
5. Mantan Wakaden B Biropaminal Divisi Propam Polri AKBP Arif Rahman Arifin
6. Mantan Ps. Kasubbag Riksa Baggak Etika Rowabprof Divpropam Polri Kompol Baiquni Wibowo
7. Mantan PS Kasubbagaudit Baggak Etika Rowabprof Divisi Propam Polri Kompol Chuk Putranto. [tin]

Baca juga:
MKD Akan Panggil Sekjen Gara-Gara Ketua IPW Tidak Bisa Masuk DPR
Alasan Polri Belum Gelar Sidang Etik Brigjen Hendra Kurniawan
IPW Batal Penuhi Undangan MKD DPR Soal Jet Pribadi Ditumpangi Brigjen Hendra
Diundang MKD, IPW Bakal Buka-bukaan soal Jet Pribadi Ditumpangi Brigjen Hendra
Saksi Kunci Selesai Dioperasi, Sidang Etik Brigjen Hendra Digelar Pekan Depan
MAKI Duga Private Jet yang Digunakan Brigjen Hendra Wujud Gratifikasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini