Sandiaga dan Fadli Zon Ajak Kaum Muda Jadi Petani Milenial

Rabu, 28 Agustus 2019 19:19 Reporter : Wisnoe Moerti
Sandiaga dan Fadli Zon Ajak Kaum Muda Jadi Petani Milenial Sandiaga dan Fadli Zon di Jambore tani. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Sandiaga Uno kembali ke tengah-tengah kaum milenial. Kali ini dia berada di Jambore Nasional Pemuda Tani Indonesia di Gunung Geulis Camp, Bogor. Sandiaga berada di tengah 150 mahasiswa pertanian se-Jabodetabek dan pengurus pemuda tani dari berbagai daerah se-Indonesia.

Sebagai pengusaha, Sandiaga berbagi tips untuk meraih kesuksesan. Salah satu tipsnya adalah 4 AS yaitu Kerja Keras, Kerja cerdas, kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas. Di hadapan mahasiswa pertanian, Sandiaga menyinggung pentingnya peran generasi muda untuk memperkuat sektor pangan.

Dia mengingatkan, tantangan pertanian ke depan adalah perubahan iklim ekstrem. Sehingga anak muda harus berani mengambil peran inovasi untuk menyelamatkan pertanian dan mewujudkan swasembada pangan.

"Harapan saya petani muda dapat tumbuh menggantikan generasi tua. Kita hilangkan mitos bahwa petani itu tua dan miskin, kita harus ciptakan keadaan bahwa menjadi petani itu keren," ujar Sandiaga melalui siaran pers yang diterima merdeka.com, Kamis (28/8).

Selain Sandiaga, Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Fadli Zon juga hadir. Senada dengan Sandi, Fadli juga menyampaikan, regenerasi petani harus menjadi perhatian penting. Dia mencontohkan yang terjadi di Korea Selatan.

"Kita ingin mendorong pemuda agar tidak malu menjadi petani, seperti yang dilakukan oleh anak muda Korea Selatan berani mengambil inovasi dan berlomba-lomba menjadi petani dengan penghasilan ratusan ribu dolar perbulan," kata Fadli.

Dia melanjutkan, masyarakat Korea Selatan telah meninggalkan konvensional farming menjadi smart farming. Bahkan sudah menuju digital farming. Menurutnya, Indonesia tak perlu malu mencontek perkembangan pertanian di Korea Selatan.

"Langkah ini yang harus kita contoh dan di inovasikan untuk mengembalikan swasembada pangan dan kesejahteraan petani Indonesia." [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini