Saling lempar botol & mercon pemicu tawuran di Pasar Rumput pecah lagi

Jumat, 24 Agustus 2018 22:13 Reporter : Nur Habibie
Saling lempar botol & mercon pemicu tawuran di Pasar Rumput pecah lagi Ilustrasi Tawuran. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Tawuran kembali pecah di kawasan Pasar Rumput, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu. Sudah menjadi rahasia umum, jika lokasi tersebut sudah menjadi 'langganan' bentrok antarwarga.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar mangatakan diduga ada dua faktor yang memicu tawuran kali ini. Pertama, pengendara yang melempar botol di depan pedagang. Tapi tak melukai.

"Ada lagi seseorang melempar mercon pas magrib, meledak langsung dari warga Menteng itu mulai mencoba menyerang ke Pasar Rumput. Tapi Alhamdulilah dari Kapolsek Menteng maupun Setia Budi karena cepat datang dan segera melerai. Cuma sudah terjadi lemapr-lemparan batu sampai haltenya ada yang kacanya terkena batu," kata Indra Jafar di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (24/8).

Namun, ia klaim polisi masih menyelidiki kasus terbut.

"Hari pertama kejadian itu saya bntuk tim kemudian dari Kasat Reskrim Narkoba langsung ke sana melakukan lidik. Memang kita belum temukan sih (penyelundupan narkoba), biasnaya kan seperti itu mengalihkan perhatian karena ada bareng-bareng seperti itu yang akan masuk. Tapi kita belum ketemu," ungkapnya.

Indra mengakui, tawuran yang sering terjadi di kawasan tersebut karena kurangnya personel yang menjaga. Hal itu dikarenakan, banyak anak buahnya yang terambil untuk menjaga beberapa venue Asian Games 2018.

"Memang personel kita ini kan banyak melakukan pengamanan di beberapa venue. Setia Budi juga ada venue bola basket. Sehingga personel kita tersedot. Saya udah koordinasi dengan Kasat Brimob kita akan tempatkan satu pleton untuk lakukan pemantauan, pengawasan. Sehingga tak terjadi lagi," jelasnya.

"Kita keabisan personel tapi kita minta Kasat Brimob satu peleton. Sudah perintahkan Kapolsek untuk monitoring dan menempatkan anggota kita di situ sehingga setiap saat bisa berkoordinasi pada hal-hal sekecil apapun yang terjadi segera langsung diselesaikan," sambungnya.

Dengan sering terjadinya tawuran di lokasi tersebut, pihaknya telah mengimbau terhadap warga, tokoh masyarakat, tokoh agama untuk selalu mencegah terjadinya bentrokan. Karena bentrokan itu bisa merugikan orang lain yang ingin melintasi jalur tersebut.

"Kalau ada tanda-tanda seperti itu segera kita dateng ke TKP, kita komunikasikan ke tokoh-tokoh kedua pihak untuk sama-sama menahan diri. Tapi kemaren kita tidak tahu memang agak kecolongan, itu sekonyong-konyong terjadi. Akhirnya yang satu melempar mercon kejadian lah." [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini