Said Iqbal: Pak Jokowi Komitmen Revisi PP Nomor 78

Sabtu, 27 April 2019 11:38 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Said Iqbal: Pak Jokowi Komitmen Revisi PP Nomor 78 said iqbal dan jokowi di istana bogor. ©2019 Merdeka.com/lisza egeham

Merdeka.com - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, kemarin. Said menyebut pertemuan membahas PP nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan.

"Hanya itu (bahas PP 78 2015). Karena itu undangan berkaitan dengan fungsi dan kedudukan saya sebagai presiden KSPI, maka saya menyatakan saya hadir," kata Said di Kertanegara VI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (27/4) malam.

Iqbal menyampaikan aspirasi dari para buruh kepada Jokowi yang berjanji merevisi PP 78 tahun 2015 tersebut. Jokowi pun menyetujui PP tersebut sesuai janji kampanyenya saat di Bandung kepada kaum buruh.

"Dan dalam pertemuan itu pak Jokowi setuju untuk melakukan revisi PP nomor 78 sesuai dengan janjinya. Jadi Pak Jokowi komitmen," ucapnya.

Kemudian, Said menyampaikan aspirasi lain kepada Jokowi. Pertama, mengembalikan hak berunding. Dalam revisi PP tersebut harus dikembalikan hak berunding untuk penetapan upah minimum. Kedua, formulasi kenaikan upah minimum yang selama ini sepihak ditentukan pemerintah dengan rumus inflasi plus pertumbuhan ekonomi harus diubah.

"Usulan kami dikembalikan kepada mekanisme undang undang nomor 13 tahun 2003 yaitu melalui perundingan. Ketiga, pemberlakuan upah minumum sektoral di seluruh wilayah Indonesia yang memang ada sektor industri. Hanya itu," katanya. [rhm]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini