SAAB Buat Desain Jet Tempur Gripen Dengan Logo TNI AU

Jumat, 26 April 2019 20:38 Reporter : Tim Merdeka
SAAB Buat Desain Jet Tempur Gripen Dengan Logo TNI AU Saab Gripen mokup 2019. ©2019 Saab Indonesia

Merdeka.com - Pabrikan jet tempur asal Swedia SAAB, memposting jet tempur Gripen buatannya dengan logo TNI AU. Ada empat desain yang dibuat. Mereka memang gencar melobi Indonesia untuk membeli jet tempur multiperan itu.

"Gripen untuk Indonesia. Kami telah membuat beberapa ide desain untuk Gripen dengan karakter Indonesia. Yang mana yang menjadi favorit Anda?" tulis SAAB di akun Facebooknya, Jumat (26/4).

Sejak 2016 lalu, SAAB telah menawarkan Gripen pada TNI AU. Namun Indonesia memilih Sukhoi SU-35 dari Rusia.

Gripen hampir mirip dengan Super Hornet yang menjadi pesawat tempur multi peran. Gripen menggunakan radar pulse-doppler yang dapat mendeteksi dan mengindentifikasi pesawat musuh dari jarak maksimum 120 kilometer.

Gripen dirancang sebagai senjata bertahan untuk melindungi dari serangan potensial. Gripen dirancang untuk digunakan pada landasan pacu pendek bahkan hanya 800 meter.

Harga pesawat ini ditaksir mencapai USD 69 juta atau setara dengan Rp 893 miliar. Selain Swedia, Jas 39 ini juga digunakan oleh Afrika Selatan, Thailand, Hungaria, Republik Ceko.

Menurut Saab, Gripen merupakan jawaban bagi Indonesia yang membutuhkan alustsista untuk kepentingan pertahanan udara. Sebab, alat ini bisa mendeteksi target sekecil apapun.

Saab meyakini, pesawat ini cocok dengan Indonesia yang tengah gencar menghadapi illegal fishing, antipenyelundupan orang, antipembajakan, penyelamatan, bahkan konflik di Laut China Selatan. [ian]

Topik berita Terkait:
  1. TNI AU
  2. Alutsista TNI
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini