RSJ Menur Surabaya Sediakan Kamar Perawatan untuk Caleg Stres

Rabu, 17 April 2019 14:59 Reporter : Erwin Yohanes
RSJ Menur Surabaya Sediakan Kamar Perawatan untuk Caleg Stres Ilustrasi Pemilu. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Mengantisipasi kemungkinan para calon legislatif (Caleg) menderita gangguan jiwa atau stres pascapemilu, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur telah mempersiapkan sejumlah kamar untuk rawat inap.

Kesiapan RSJ Menur untuk menyambut pasien gangguan jiwa akibat Pemilu ini, disampaikan oleh Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSJ Menur, Ika Indiyah Prasetyawati.

Ia menyatakan, setidaknya ada 41 tempat tidur VIP, 15 tempat tidur kelas 2 dan 306 tempat tidur kelas 3 yang telah disiapkan oleh pihaknya.

Ia mengakui, tidak semua tempat tidur tersebut digunakan hanya untuk pasien dari Caleg saja. Namun itu juga bisa digunakan untuk pasien pada umumnya.

Dikonfirmasi mengenai penanganan khusus untuk para Caleg, Ika mengatakan, pada prinsipnya semuanya sama. Yang membedakan, hanyalah secara klinis, tergantung pada hasil diagnosisnya.

"Perawatan kita tidak berdasarkan statusnya. Namun tergantung pada diagnosisnya. Misalnya begini, penanganan pada pasien yang tidur gelisah dengan yang tenang, tentu berbeda," ujarnya.

Sebagaimana pasien lainnya, ia mengaku rumah sakit memastikan tetap akan menjaga kerahasiaan identitasnya. Hal ini, juga berlaku sama untuk pasien lainnya.

Dikonfirmasi mengenai pasien Caleg pada 5 tahun lalu, Ika mengaku, ada sekitar 10 orang yang pernah dirawat pihaknya. Namun, ke sepuluh orang tersebut, hanya menjalani rawat jalan saja. "Ya ada sekitar 10 orangan lah waktu itu. Tapi hanya rawat jalan saja," tegasnya. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini