Ricuh Kongres PAN, 30 Orang Pendukung Mulfachri Luka-luka

Selasa, 11 Februari 2020 14:42 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Ricuh Kongres PAN, 30 Orang Pendukung Mulfachri Luka-luka Baku Hantam di Kongres PAN. ©Liputan6.com/Nanda Perdana Putra

Merdeka.com - Ketua DPW PAN Sulawesi Barat Asri Anas mengatakan ada 30 orang peserta Kongres yang merupakan pendukung calon ketua umum PAN Mulfachri Harahap terluka diserang sekelompok orang di Ruang Sidang Utama Kongres PAN di Ballroom Hotel Claro Kendari.

Dia mengatakan 30 orang tersebut sedang dalam perawatan untuk penyembuhan di sebuah ruangan di Hotel Claro, Kendari.

"Setelah skorsing dicabut, kami masuk lalu kami diserbu. Ada sekitar 50 orang yang menyerbu melalui tangga belakang lalu ke atas," kata Asri Anas di Hotel Claro, Kendari dilansir Antara, Selasa (11/2).

Dia mengatakan dari 30 orang yang terluka itu kebanyakan berdarah di bagian kepala karena terkena lemparan kursi. Namun dia enggan menyebut nama-nama orang yang terluka tersebut.

Asri menjelaskan pihaknya tidak pernah membuat masalah. Namun meminta semua peserta untuk disterilkan dari Ruang Rapat Utama Kongres dan jangan ada orang yang bukan pemilih masuk.

"Dan kami meminta ada verifikasi peserta Kongres yang sudah jadi keputusan SC. Namun mereka tidak mau keluar dari ruangan. Begitu kondisinya," ujarnya.

Dia meminta orang yang bisa masuk ruangan Kongres adalah peserta Kongres PAN. Karena buktinya selama di dalam Ruang Rapat Utama, yang mengacaukan adalah bukan peserta Kongres. Sehingga itu yang merusak karena semua cara digunakan hanya untuk menjadi Ketua Umum PAN.

Koordinator Konsolidasi Lapangan Tim Pemenangan Mulfachri-Hanafi itu meminta agar aparat keamanan koordinasi untuk mengosongkan ruang sidang dan semua pihak harus menjunjung tinggi sportivitas dalam kontestasi.

1 dari 1 halaman

Kerusuhan tidak terelakkan selama perhelatan Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara. Salah seorang peserta tampak terluka di bagian kepala.

Suasana Kongres PAN makin memanas. Pantauan Liputan6.com, Selasa (11/2), Caketum PAN Mulfachri Harahab kembali ke ruang rapat sekitar pukul 13.30 Wita. Dia didampingi rombongan massa pendukung.

Saat tiba di ruang kongres, dari kejauhan terdengar teriakan. Peserta Kongres PAN melempari kubu Mulfachri dengan kursi.

Beberapa peserta kemudian dievakuasi. Tampak satu di antaranya mengalami pendarahan di kepala.

Tidak berhenti di situ, massa kembali terlihat saling baku hantam. Petugas kepolisian tidak dapat menahan diri dan menerjunkan tim menangani insiden yang seolah seperti tawuran.

Pintu kaca hotel pun pecah. Massa berhamburan. Kapolda Sulawesi Tenggara Beigjen Merdisyam berteriak memberikan instruksi keras. [ray]

Baca juga:
Asman Abnur Mundur dari Caketum PAN
Baku Hantam di Kongres PAN, Pintu Kaca Pecah Hingga Peserta Terluka
Kericuhan di Kongres PAN Dinilai Upaya Cari Waktu Untuk Lobi Dukungan
Memanas, Kongres PAN Diwarnai Aksi Lempar Kursi Hingga Gelas Plastik
Hadiri Kongres di Kendari, Amien Rais Beri Pengarahan pada Kader PAN

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini