Ribuan Napi di Rutan Tangerang Dapat Remisi Hari Kemerdekaan

Sabtu, 17 Agustus 2019 22:30 Reporter : Kirom, Dwi Prasetya
Ribuan Napi di Rutan Tangerang Dapat Remisi Hari Kemerdekaan Penyerahan remisi umum kepada Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Klas I Tangerang. ©2019 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - Ribuan warga binaan pemasyarakatan (WBP) dari rumah tahanan Klas I Tangerang dan Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Klas II A Tangerang, menerima hadiah remisi umum dan pengurangan masa pidana di HUT ke 74 RI, Sabtu (17/8/2019).

Plh Kepala rutan klas 1 Tangerang, Waskito menerangkan, dari 851 WBP yang mendapatkan remisi 38 diantaranya bisa langsung menghirup udara bebas, karena setelah mendapatkan Remisi, 38 WBP tersebut, masa pidanaya habis.

"38 WBP langsung bebas, karena setelah mendapatkan remisi masa pidananya habis. Sementara 813 WBP lainnya, memperoleh remisi umum, karena telah telah memenuhi syarat administratif sesuai aturan yang berlaku," ucap Plh Karutan Klas I Tangerang, Waskito, Sabtu (17/8).

Waskito menerangkan, sebelum ratusan WBP mendapat remisi HUT RI, para WBP yang diusulkan tersebut, sudah menjalani 3/4 masa hukuman dan harus berkelakuan baik.

Sementara, di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, ada 1.395 WBP menerima remisi umum saat momentum Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia. Remisi tersebut diberikan kepada warga binaan yang dinilai berkelakuan baik selama menjalani pidana.

"Kepada WBP yang dapat remisi saya ucapkan selamat," terang Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Jumadi.

Remisi yang diberikan kepada para warga binaan berjumlah 1.395 orang. Dari jumlah tersebut, 25 warga binaan langsung bebas setelah menerima remisi.

"Yang langsung bebas di hari kemerdekaan ini, tanpa harus menunggu apapun," kata dia.

Banten

Sementara itu, sebanyak 5.670 narapidana di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara di Provinsi Banten mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan hari kemerdekaan. Sebanyak 195 narapidana di antaranya akan menghirup udara bebas.

"Remisi merupakan salah satu hak narapidana sebagaimana yang diatur dalam pasal 14 (1) undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang hak warga binaan pemasyarakatan," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas) Kanwil Kemenkum HAM Banten S. Prihantara di Lapas IIA Serang, Sabtu (17/8).

Acara pemberian remisi umum kepada narapidana se Banten diberikan secara simbolis oleh sekretaris daerah Banten Al Muktabar.

Remisi tersebut diberikan karena para narapidana sudah menjalani masa hukuman 6 bulan penjara dan berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman.

Dari 5.670 narapidana, ada empat diantaranya narapidana korupsi, namun dirinya mengaku tidak mengetahui empat nama-nama narapidana korupsi yang mendapatkan remisi kemerdekaan tersebut.

"Napi tipikor ada 4 tapi orangnya saya tidak tahu, ada yang dari Lapas Pandeglang," katanya. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. HUT RI
  2. Remisi Narapidana
  3. Tangerang
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini