Ratusan warga dilarang mendekati lokasi pelantikan Wali Nanggroe

Senin, 16 Desember 2013 10:24 Reporter : Afif
Ratusan warga dilarang mendekati lokasi pelantikan Wali Nanggroe Warga Aceh dilarang menyaksikan pelantikan Wali Nanggroe. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Seribuan warga memadati kota Banda Aceh untuk menyambut pengukuhan Wali Nanggroe yang ke-IX Malek Mahmud. Warga yang datang dari sejumlah kabupaten/kota merasa kecewa karena tidak diizinkan mendekati lokasi pengukuhan di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Pantauan merdeka.com, warga yang datang ingin memeriahkan pengukuhan Wali Nanggroe harus bertahan sekitar 400 meter dari gedung DPRA. Pihak keamanan tidak memberikan izin untuk masuk bila tidak ada indentitas yang diberikan oleh panitia pengukuhan berupa undangan.

"Yang tidak memiliki undangan dilarang masuk," teriak salah seorang petugas kepolisian di Simpang Lima, Senin (16/12) melalui pengeras suara. Sedangkan yang memiliki undangan diminta untuk memperlihatkan pada petugas.

Salah seorang warga yang datang dari Pase, Kabupaten Aceh Utara mengungkap rasa kekecewaannya. Pasalnya, jauh-jauh datang ke Banda Aceh untuk melihat pengukuhan Wali Nanggroe dia tidak bisa menyaksikan.

"Capek datang jauh-jauh, tapi enggak bisa masuk," teriak Muhammad, warga yang sengaja datang dari Pase dengan rombongan ke Banda Aceh.

Arus masa yang datang dari beberapa Kabupaten/Kota terpantau saat ini bertahan di Masjid Raya Baiturrahman. Jarak dengan lokasi pengukuhan sekitar 1 km dan masa saat ini bertahan.

Masa yang datang menggunakan kendaraan roda empat, baik atap terbuka dan tertutup terus berkonvoi sembari berteriak yel-yel semangat mendukung pengukuhan Wali Nanggroe. Tidak sedikit dari masa membawa bendera Bulan Bintang serta bendera Partai Aceh.

Sementara itu, pemeriksaan dipintu masuk ke gedung DPRA lokasi pengukuhan harus melalui 4 kali pemeriksaan. Setelah diperiksa tas di pintu pagar, kembali kembali diperiksa menggunakan metal detektor dan juga digeledah semua barang bawaan dan kembali diperiksa saat masuk ke dalam gedung DPRA. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Wali Nanggroe
  3. Aceh
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini