Rasulullah: Umrah di bulan Ramadan menyamai haji bersamaku

Rabu, 14 Juni 2017 20:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Rasulullah: Umrah di bulan Ramadan menyamai haji bersamaku kabah. ©reuters

Merdeka.com - Ramadan ialah bulan yang penuh dengan berkah dan rahmat. Sekecil kebaikan dilakukan di bulan suci ini akan diganjar dengan pahala yang berlimpah.

Terlebih lagi ibadah yang dilakukan seperti umrah. Sebab terdapat keistimewaan ketika melakukan umrah di bulan Ramadan. Keistimewaan itu ketika umrah di bulan Ramadan sama dengan melakukan ibadah haji.

"Umrah dalam bulan Ramadan menyamai haji bersamaku," sabda Rasulullah.

Dalam buku Antar Aku Ke Tanah Suci karangan Miftah Faridl dan Budi Handrianto menjelaskan, tempat melakukan ibadah haji dan umrah pun berbeda. Memang keduanya ada kesamaan misalnya dalam hal miqat. Juga karena melakukan yang sama yaitu thawaf dan sa'i maka tempatnya pun sama di Mekkah.

Namun untuk umrah tidak ada syariat wukuf dan mabit sehingga tidak diperlukan pergi ke Arafah, Mina, dan Muzdalifah. Sedangkan dalam ibadah haji ketiga tempat tersebut wajib dikunjungi karena termasuk rukun dan wajib haji.

Jadi dari sedikit pemaparan di atas, dapat diketahui keistimewaan umrah di bulan Ramadan yang pahalanya sama dengan ibadah haji. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini