Puluhan Jemaah Calon Haji di Sumut Gagal Berangkat

Rabu, 10 Juli 2019 15:31 Reporter : Yan Muhardiansyah
Puluhan Jemaah Calon Haji di Sumut Gagal Berangkat Jemaah haji kloter 2 tiba di Tanah Air. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Puluhan jemaah calon haji Embarkasi Medan gagal berangkat pada 1440 Hijriah atau 2019. Penyebabnya beragam, di antaranya karena sakit.

"Sampai hari ini yang menunda atau gagal berangkat ada sekitar 20 ke 30 orang," ucap Kasubag Dokumen Bidang Haji Kanwil Kemenag Sumut, Eri Nofa, di Asrama Haji Medan, Rabu (10/7).

Jumlah itu diperoleh setelah Kemenag Sumut menerima laporan dari daerah-daerah terkait jemaah yang gagal berangkat. "Seperti Madina dan Padang Sidimpuan, ada juga dari daerah lain," sebut Eri.

Dia menyatakan penyebab kegagalan keberangkatan jemaah bervariasi. Ada yang sakit, ada pula yang minta ditunda untuk menunggu mahramnya pada pelaksanaan haji tahun depan.

Terkait persoalan paspor visa, Eri menyatakan, sejauh ini tidak ada kendala berarti. Saat ini paspor dan bisa jemaah pada 6 kloter telah rampung.

"Sisanya, kita sudah kirim tim ke Jakarta. Mudah-mudahan saja untuk satu minggu ke depan seluruh paspor dan visa sudah final. Kita doakan," jelas Eri.

Embarkasi Medan pada musim haji ini akan memberangkatkan 8.466 calon jemaah haji, termasuk petugas haji. Mereka terbagi dalam 22 kelompok terbang (kloter).

Kloter pertama diisi jemaah asal Kota Medan. Mereka dijadwalkan masuk asrama haji pada Kamis (11/7) besok. Kelompok ini dijadwalkan terbang ke Madinah, Arab Saudi, pada Jumat (12/7) malam. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Haji 2019
  2. Haji
  3. Medan
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini