Presiden Jokowi Sumbang 2 Sapi Kurban untuk Yogyakarta

Jumat, 9 Agustus 2019 23:08 Reporter : Purnomo Edi
Presiden Jokowi Sumbang 2 Sapi Kurban untuk Yogyakarta Jokowi Sumbang Dua Sapi Kurban di DIY. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Presiden Jokowi menyumbang dua ekor sapi untuk wilayah DIY. Dua ekor sapi ini diserahkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) DIY untuk disalurkan.

Sapi sumbangan dari Presiden Jokowi ini secara simbolik diserahkan oleh Wakil Gubernur DIY, Pakualam X ke dua lokasi. Sapi pertama berjenis Simetal berbobot 1.180 kilogram sumbangan Jokowi diserahkan ke Takmir Masjid Nur Maunah, Gunungkidul.

Sedangkan seekor sapi jenis Peranakan Ongole (PO) dengan bobot 1037 kilogram sumbangan dari Jokowi diserahkan Pakualam X ke Takmir Masjid Istana Negara Gedung Agung.

Asisten Pemberdayaan Masyarakat Sekda DIY Arofah Noor mengatakan selain dua sapi sumbangan dari Jokowi, Pemda DIY juga menyalurkan tujuh ekor sapi. Tujuh ekor sapi itu merupakan sumbangan dari Gubernur DIY, Sultan HB X dan Wakil Gubernur DIY, Pakualam X.

Menurut Arofah, tujuh ekor sapi ini akan dibagikan ke empat kabupaten dan satu kotamadya di DIY. Masing-masing kabupaten disebut Arofah akan menerima satu ekor sapi sumbangan dari Sultan HB X dan Pakualam X.

Sedangkan dua ekor sapi lainnya, sambung Arofah akan diserahkan ke dua masjid. Kedua masjid itu adalah Masjid Gedhe Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Masjid Pakualaman.

Arofah mengatakan semua sapi kurban baik sumbangan dari Jokowi maupun Sultan HB X dan Pakualam X telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan ini dipantau langsung oleh Balai Besar Veteriner yang ada di Wates.

"Semuanya merupakan sapi terbaik. Sudah dirawat dan dicek kesehatannya, serta dipantau Balai Besar Veteriner," pungkas Arofah. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini