Pramono: SBY setuju Sarwo Edhie jadi pahlawan nasional 2014

Minggu, 10 November 2013 03:29 Reporter : Agib Tanjung
Pramono: SBY setuju Sarwo Edhie jadi pahlawan nasional 2014 sarwo edhie. purworejokab.go.id

Merdeka.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menyetujui usulan agar Letnan Jenderal TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo diangkat statusnya menjadi pahlawan nasional. Penetapan tersebut rencananya akan ditetapkan pada tahun 2014.

"Tadi sore Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan telah menyetujui usulan agar Pak Sarwo Edhie sebagai pahlawan nasional," kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal (Purn) Pramono Edhie Wibowo di Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu (9/11).

Seperti diberitakan Antara, anak kelima dari dari Sarwo Edhi ini mengatakan bahwa ketentuan tersebut telah disetujui oleh Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan pada tahun ini. Sehingga pemberian gelar pahlawan nasional dapat bisa segera ditetapkan pada tahun berikutnya yakni 2014.

Sementara itu di tempat yang sama, Bupati Purworejo Mahsun Zain mengatakan usulan untuk penetapan Sarwo Edhie sebagai pahlawan nasional telah mempertimbangkan aspirasi dari berbagai lapisan masyarakat. Usulan tersebut kemudian diteruskan melalui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan akhirnya masuk ke pertimbangan pemerintah pusat dan akhirnya disetujui. Usulan tersebut merupakan cerminan bahwa masyarakat Purworejo tidak akan melupakan jasa-jasa pahlawannya, sekaligus upaya untuk menghargai sejarah.

Mahsun menambahkan, Kabupaten Purworejo telah lama dikenal sebagai wilayah yang telah melahirkan banyak jenderal dan pahlawan nasional seperti tokoh militer Jenderal (Purn) Urip Sumihardjo, dan Jenderal (Purn) Achmad Yani. Kendati demikian baik Pramono dan Mahsun, tak menjelaskan secara rinci mengenai peran khusus Sarwo Edhie sehingga diusulkan untuk ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Seperti diketahui, Sarwo Edhie yang juga ayah dari Ibu Negara, Ani Yudhoyono, juga sempat menjadi Kepala BP-7 Pusat, Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan, serta menjadi Gubernur AKABRI. Sarwo Edhie wafat pada 9 November 1989 dalam usia 64 tahun. Selain itu, bersama Soeharto, Sarwo juga menumpas PKI pada tahun 1965. [did]

Baca juga:
Kriteria pemberian gelar pahlawan nasional perlu dievaluasi

Keluarga bersyukur TB Simatupang jadi pahlawan nasional

3 Tokoh masyarakat dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh SBY

SBY beri gelar pahlawan nasional pada Letjen Purn TB Simatupang

Hariman: Pemberian gelar pahlawan jangan ada unsur politis

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pahlawan Nasional
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini