Polri Tangani 100 Kasus Karhutla, Paling Banyak di Riau

Kamis, 15 Agustus 2019 17:09 Reporter : Merdeka
Polri Tangani 100 Kasus Karhutla, Paling Banyak di Riau Kebakaran Hutan Riau. ©AFP PHOTO/CAHAYA PUTRA

Merdeka.com - Polri kini tengah menangani 100 kasus kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Indonesia. Termasuk juga adanya peningkatan jumlah tersangka yang ditindak petugas.

"Total semua kasus menjadi 100 tentang karhutla yang ditangani Polda Riau, Jambi, Kalbar, dan Kalteng. Sumsel dan Kalsel masih nihil," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (15/8).

Menurut Dedi, peningkatan tersebut terjadi di dua Polda yakni Riau dan Kalimantan Barat. Untuk Polda Riau, dari 29 kasus yang ditangani kini bertambah menjadi 35 kasus.

"Jumlah tersangka (sebelumnya) 20 orang, hari ini 35 tersangka. Dengan rincian 34 pelaku individu dan satu korporasi. Sudah saya cek korporasi, melakukan pemeriksaan lima orang saksi," jelas dia.

Kemudian untuk Kalimantan Barat, lanjut Dedi, dari yang sebelumnya 14 kasus menjadi 26 kasus. Sementara jumlah tersangka dari 18 orang menjadi 30 orang.

Adapun total jumlah tersangka kebakaran hutan dan lahan dari Polda Riau, Jambi, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah adalah 87 tersangka.

"Kalbar belum ditemukan korporasi karena kelalaian atau unsur kesengajaan, baik di hutan dan lahan," Dedi menandaskan.

Reporter: Nanda Perdana Putra

Sumber: Liputan6.com [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini