Polisi Tangkap Pelaku Penyebaran Hoaks Ijazah Palsu Jokowi

Sabtu, 19 Januari 2019 14:46 Reporter : Nur Habibie
Polisi Tangkap Pelaku Penyebaran Hoaks Ijazah Palsu Jokowi Brigjen Dedi Prasetyo. ©2018 Liputan6.com/Nafiysul Qodar

Merdeka.com - Polisi menangkap pelaku penyebaran berita bohong alias hoaks terkait ijazah palsu yang dikantongi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pelaku inisial UKH merupakan pemuda kelahiran Parantonga tahun 1990 silam.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan pelaku ditangkap Sabtu (19/1) sekira pukul 00.30 dan saat ini masih diperiksa penyidik Dittipidsiber Bareskrim.

"Betul tersangka sudah ditangkap dan saat ini masih diperiksa," kata Dedi saat dikonfirmasi.

Dedi mengungkap, pelaku sengaja menyebar hoaks melalui akun facebook pribadinya. "Yang bersangkutan sengaja menyebarkan berita hoaks dengan menggunakan akun facebooknya. Ijasahnya Pak Jokowi adalah asli sesuai penjelasan dari sekolah," tuturnya.

Pelaku, lanjut Dedi, ingin mengetahui berita tentang kebenaran dokumen ijazah tersebut. Dari pelaku, polisi menyita sebuah ponsel, 2 buah sim card serta akun dan email pribadinya.

Pelaku Tidak Ditahan

Meski demikian, polisi tidak melakukan penahanan terhadap pelaku dengan alasan ancaman hukuman tak lebih dari 5 tahun.

"Itu penyidik yang memutuskan tentu dari hasil gelar perkara dan alasan obyektif dan subyektifnya sudah dianalisa tentunya. Ancamannnya 2 tahun (penjara) jadi tidak ditahan, itu kalau dari perspektif alasan yuridisnya," kata dedi.

Pelaku dijerat Pasal 14 ayat 2 , Pasal 15 UU No 1 Tahun 1946 dan atau 207 KUHP. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini