Polisi Sebut Pola Kerusuhan di Jayapura Sama dengan di Deiyai Papua

Kamis, 29 Agustus 2019 18:43 Reporter : Merdeka
Polisi Sebut Pola Kerusuhan di Jayapura Sama dengan di Deiyai Papua Kondisi Kota Jayapura. Antara

Merdeka.com - Unjuk rasa berujung ricuh kembali pecah di beberapa wilayah di Papua. Sejumlah fasilitas dirusak massa, terutama yang terdapat di wilayah Abepura, Sentani dan Jayapura.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan, awalnya massa berunjuk rasa secara damai. Tiba-tiba datang segerombolan perusuh yang memprovokasi massa unjuk rasa.

"Polanya sama dengan pola yang terjadi Kabupaten Deiyai. Ada skenario yang dibuat oleh perusuh. Ini lagi kami dalami," kata Dedi di Mabes Polri, Kamis (29/8).

Dedi menjelaskan, akibatnya provokasi para perusuh itu, aksi menjadi menjadi anarkis dan merusak sejumlah rumah serta fasilitas umum.

"Beberapa properti masyarakat ada yang rusak, fasilitas publik ada yang terbakar," ujar dia.

Hingga saat ini, TNI-Polri berusaha mendinginkan situasi dibantu tokoh masyarakat. Sebelumnya, tokoh masyarakat sudah dikumpulkan dengan Panglima TNI, Kapolri dan Gubenur.

Mereka berkomitmen akan menjaga situasi Jayapura dan Papua secara kondusif. "Komitmen ini lah yang diminta bersama TNI-Polri turun ke lapangan untuk mendinginkan masyarakat," ucap dia.

Reporter: Ady Anugrahadi [ray]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini