Polisi Panggil Warga Terkait Perusakan Fasilitas Vaksinasi di Aceh

Rabu, 29 September 2021 16:24 Reporter : Alfath Asmunda
Polisi Panggil Warga Terkait Perusakan Fasilitas Vaksinasi di Aceh Tak Mau Divaksin, Ratusan Warga Ini Usir Petugas hingga Rusak Meja Kursi. Instagram/@kabaraceh ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Polisi telah memanggil warga yang terlibat aksi protes berujung perusakan fasilitas gerai vaksinasi Covid-19 di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Ujong Serangga, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya.

Pemanggilan warga untuk dimintai keterangan itu dilakukan sejak semalam oleh Kepolisian Resor Aceh Barat Daya.

“Pemeriksaan dilakukan maraton. Kita ke depankan upaya soft approach,” kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (29/9).

Dia menyebut, pemeriksaan dilakukan melalui bantuan keuchik (kepala desa) dan tokoh masyarakat setempat yang membujuk warga agak mau diperiksa terkait masalah tersebut.

Winardy menegaskan, polisi akan menempuh jalan restrorative justice untuk menyelesaikan masalah penolakan warga terhadap vaksinasi di Aceh Barat Daya itu.

Sebagaimana diketahui, ratusan masyarakat pada Selasa (28/9) kemarin, memprotes kehadiran gerai vaksinasi di PPI Ujong Serangga, Susoh. Mereka protes karena diduga adanya unsur pemaksaan oleh tim vaksinator kabupaten setempat.

Sekitar 300 orang yang terdiri dari nelayan dan warga marah. Mereka tidak mau mengikuti kegiatan vaksin yang diadakan pihak Polsek Susoh, Koramil/04 Susoh, Pol Airud dan Puskesmas Sangkalan, karena kegiatan vaksinasi itu menyebabkan pengunjung di PPI Ujong Serangga sepi dan mempengaruhi pendapatan nelayan.

"Itu salah satu faktor pemicu terjadinya aksi penolakan vaksinasi," ujar Kombes Pol Winardy.

Baca juga:
Tak Mau Divaksin, Ratusan Warga Ini Usir Petugas hingga Rusak Meja Kursi
Warga Aceh Barat Daya Rusak Fasilitas Vaksinasi, Legislatif Salahkan Pemerintah
Nelayan di Aceh Rusak Fasilitas Vaksinasi Covid-19 Diduga Tak Terima Dipaksa Vaksin
Keluar Masuk Sabang Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin Covid-19
Ini Sanksi Bagi PNS dan Honorer Aceh Besar yang Tak Bersedia Divaksinasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini