Pesan Ganjar Pranowo untuk Para Santri di Penutupan Pospenas ke-9 di Solo

Minggu, 27 November 2022 23:45 Reporter : Merdeka
Pesan Ganjar Pranowo untuk Para Santri di Penutupan Pospenas ke-9 di Solo Ganjar Pranowo di Borobudur Marathon 2022. ©jatengprov.go.id

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, resmi menutup perhelatan Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke-9 di Lapangan Balai Kota Solo pada Sabtu (26/11) malam.

Provinsi Jawa Barat berhasil menjadi juara umum dengan perolehan 11 emas, 5 perak dan 1 perunggu (17 medali). Diikuti Jawa Tengah dengan 8 emas, 4 perak dan 5 perunggu (17 medali).

Juara ketiga ditempati Jawa Timur yang memperoleh 4 emas, 8 perak dan 5 perunggu (17 medali).

Ganjar menyampaikan kepada seluruh kontingen atlet yang menjadi juara untuk menghormati kontingen yang belum juara. Selain itu, Ganjar juga memotivasi kontingen yang belum juara untuk tidak patah semangat dan terus berlatih.

"Yang juara tidak perlu merasa jemawa, yang kalah tidak harus merasa bersalah dan bersedih karena masih ada kesempatan berikutnya kita bisa berlatih, bertanding dan kawan-kawan Jawa Barat yang juara, kita beri tepuk tangan," kata Ganjar dalam sambutannya di penutupan Pospenas ke-9.

2 dari 2 halaman

Di hadapan para santri atlet, Ganjar menyatakan, siapapun mampu dan berhak menjadi juara dengan menyalurkan seluruh talenta yang ada, tak terkecuali para santri.

Ganjar menyebut, santri tak harus selalu bergelut di ranah keagamaan. Tetapi juga kesenian, sosial, kesehatan hingga olahraga.

Hal itu bertujuan agar para santri yang memiliki bakat dan talenta berkualitas, untuk mengasah kemampuannya lebih tajam lagi agar mampu membanggakan pesantren tempatnya menempuh pendidikannya, daerahnya bahkan mengharumkan bangsa Indonesia.

Sehingga dengan adanya Pospenas ke-9, diharapkan menjadi wadah bagi para santri tidak hanya untuk silaturahmi saja, tetapi juga menjadi wadah untuk menunjukkan bakat dan talenta yang dimiliki para santri.

"Tentu saja ini menjadi ajang silaturahmi para santri dan kemudian bisa berbagi pengalaman, pengetahuan, keterampilan dalam olahraga. Mudah-mudahan dari seluruh talenta yang ada, nanti tidak hanya di Pospenas, tapi akan keluar dari kandang Pospenas, jadi atlet PON, atlet ASEAN Games, Sea Games sampai Olimpiade," ucap Ganjar.

Sebagai informasi, Pospenas ke-9 diikuti oleh seluruh kontingen atlet santri dari 34 provinsi se-Indonesia. Pospenas dilangsungkan selama empat hari berturut-turut pada 23-26 November 2022. [rnd]

Baca juga:
Erick Thohir: Santri Garda Terdepan Perjuangan Bangsa
Semangat Santri Belajar IT di Pesantren Teknologi untuk Dhuafa
Jalan Sehat Sarungan, Gus Ipul: Santri Siap Sehat Untuk Kepentingan Bangsa & Agama
Pesan PKS di Hari Santri: NU Tulang Punggung NKRI Sejak Kemerdekaan, Jaga & Lanjutkan
Kesenjangan dan Kerentanan Sosial di Pesantren jadi Tantangan Santri di Era Digital
Berkunjung ke Jogja, Ini Pesan Wapres pada Para Santri untuk Pemilu 2024

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini