Penyelamatan Emak yang Terpeleset Masuk Sumur di Bandung

Kamis, 11 April 2019 03:01 Reporter : Merdeka
Penyelamatan Emak yang Terpeleset Masuk Sumur di Bandung Penyelamatan seorang ibu jatuh ke dalam sumur di Bandung. ©2019 Dok. Diskar PB Kota Bandung

Merdeka.com - Waliyah (43), terperosok ke dalam bekas sumur yang berlokasi di Kampung Rancabentang, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. Korban yang sempat terjebak di tempat bekas sumur selama 30 menit itu berakhir dengan selamat.

Peristiwa itu bermula ketika salah seorang saksi, melihat Waliyah pada pukul 14.00 WIB sedang berjalan bersama anaknya. Namun, jalan yang dilalui Waliyah tersebut ambles dan ia terperosok ke dalamnya.

"Saksi melihat ke lokasi Ibu Waliyah sudah berada di bawah sumur. Saksi lalu meminta bantuan pada warga sekitar untuk mencoba menangani awal dengan alat seadanya namun tidak berhasil," kata Kepala Bidang Pemadam dan Penyelamatan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Kurnia Saputra saat dikonfirmasi, Selasa (9/4).

Kemudian saksi meminta bantuan kepada warga bernama Budi untuk melaporkan kejadian ini kepada Diskar PB Melalui Emergency Call 113. "Kita terima laporan pukul 14.47 WIB. Petugas kita tiba di lokasi pukul 15.02 WIB," ujarnya.

Kurnia menjelaskan, bekas sumur tersebut sudah ditutupi kayu dan seng. Sedangkan, di bagian luarnya telah ditutupi semen. Namun, saat Waliyah berada tepat di atas plesteran semen tersebut, ia terperosok ke dalam lubang sedalam kurang lebih 20 meter dan diameter 1 meter tersebut.

"Waktu kejadian airnya memang lagi tidak banyak. Oleh petugas kita setelah tiba di lokasi langsung diselamatkan menggunakan peralatan tripod dan webbing," ujarnya.

Menurutnya, korban diangkat menggunakan teknik penyelamatan Confined Space serta bantuan tripod dan lain-lain. "Korban berhasil diselamatkan dalam kondisi masih hidup," katanya.

Penanganan korban pun dinyatakan berakhir pada pukul 15.30 WIB. "Penanganan selanjutnya diserahkan kepada PMI untuk dilakukan penanganan medis," tutup Kurnia.

Sumber: Liputan6.com [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Kisah Mengharukan
  2. Bandung
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini