Penumpang Rekam Aksi Pelecehan Pengemudi Ojek Online

Kamis, 1 Agustus 2019 18:09 Reporter : Henny Rachma Sari
Penumpang Rekam Aksi Pelecehan Pengemudi Ojek Online Akun instagram dearcatcallers.id. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang penumpang ojek online, P mengungkapkan tindakan pelecehan yang dilakukan mitra pengemudi inisial MH. Si pengemudi berusaha mengelus paha penumpangnya yang kemudian langsung ditangkis. Peristiwa memilukan itu dibagikan akun dearcatcallers.id baru-baru ini.

"Saat di perjalanan, driver ini berusaha mengelus paha P. sambil ketakutan, P menangkis tangan driver. Saat driver akan mengulangi lagi mau menyentuh pahanya, dia langsung cepat merekam video sebagai barang bukti," demikian tulis dearcatcallers.id seperti dikutip merdeka.com, Kamis (1/8).

Pengemudi lantas dilaporkan P kepada pihak ojek online dan kini telah dijatuhkan sanksi sesuai kode etik. Akun dearcatcollers.id ini memang kerap membagikan pengalaman buruk yang dialami konsumen perempuan ketika menggunakan layanan ojek online. Sebelum peristiwa pelecehan yang dialami P, akun ini juga sempat membagikan pengalaman penumpang ojek online lainnya yang mengalami pelecehan seksual.

Penumpang yang tidak disebutkan namanya itu bahkan mengalami kekhawatiran karena mitra pengemudi ojek online itu mengemudikan kendaraannya secara ugal-ugalan.

"Promo tarif murah bahkan bisa dijadikan alasan mitra pengemudi untuk mengemudikan kendaraannya secara ugal-ugalan ataupun bahkan mengantar penumpang tidak sampai tujuan," terang Rika Rosvianti, pendiri perEMPUan, komunitas pemerhati pelecehan seksual di transportasi urban, di Jakarta, Selasa (30/7).

Rika mengatakan terdapat pergeseran pandangan terkait tindakan pelecehan yang umumnya dialami perempuan pengguna transportasi urban sebagaiman dibuktikan dalam survei yang dilakukan komunitas itu.

"Jika dulu tindakan pelecehan itu diasumsikan karena perempuan menggunakan pakaian terbuka, ternyata tidak lagi. Survei membuktikan justru tindakan pelecehan dialami mereka yang menggunakan pakaian tertutup," ungkapnya.

Sementara itu, pihak GrabIndonesia sendiri diketahui telah mengonfirmasi mengenai adanya laporan tindak pelecehan seksual yang dilakukan oleh salah satu mitranya, dan meminta maaf atas tindakan pelaku.

"Hi, semuanya. Laporan ini sdh ditangani oleh tim Grab ya dan Mitra Pengemudi sudah ditindak tegas dgn pembekuan akun juga kode etik yg berlaku. Mohon maaf jadi bikin temen-temen gak nyaman ya," tulis akun Instagram Grab Indonesia dalam kolom komentar unggahan tersebut. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Pelecehan Seksual
  2. Ojek Online
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini