Penangkaran Hiu di Pulau Menjangan Besar Ditutup

Rabu, 20 Maret 2019 22:02 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Penangkaran Hiu di Pulau Menjangan Besar Ditutup Hiu di Karimunjawa. ©nativeindonesia.com

Merdeka.com - Lokasi wisata alam penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar, Kepulauan Karimunjawa, Jepara resmi ditutup. Penutupan dipicu bahwa seiring ramainya penangkaran sekaligus destinasi wisata tanpa mengantongi izin.

"Penutupan merupakan buntut kasus wisatawan yang datang di Menjangan Besar digigit ikan hiu saat berenang di spot atau arena penangkaran pada 13 Maret 2016 lalu. Tetapi tempat kolam ikan masih berfungsi sebagai tempat penangkaran," kata Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa, Agung Prabowo, Rabu (20/3).

Dia menyebut penutupan Pulau Menjangan, Karimunjawa sudah dilakukan pada tanggal 8 Juni 2018 melalui surat Kepala Balai nomor S.182/T.34/TU/GKM/6/2018 memerintahkan agar saudara Minarno alias Cun Ming untuk menghentikan kegiatan wisata alam di lokasi penangkaran ikan dikarenakan membahayakan.

"Kebijakan penutupan wisata alam penangkaran ikan hiu Pulau Menjangan Besar merupakan tindakan positif untuk menunjukkan kepedulian terhadap Karimunjawa. Hal ini juga didasari atas penyelidikan bahwa keramba penangkaran hiu atraksi wisata, telah dipugar atau dibenahi," ungkapnya.

Penangkaran dibenahi menjadi obyek wisata dengan menampilkan atraksi berenang dengan ikan hiu. Namun, petugas yang mengetahui Bahwa tidak berizin meminta untuk menutup.

"Kasusnya sedang ditangani dengan melibatkan pihak-pihak terkait," katanya.

Saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bupati Jepara yang diwakili oleh pejabat Asisten II Jepara dan para pejabat dinas terkait. Dalam kesempatan yang sama, Minarno juga dipanggil untuk dimintai klarifikasi.

"Dalam audiensi tersebut BTNKj (Balai Taman Nasional Karimunjawa) menegaskan kembali kebijakan penghentian kegiatan wisata hiu tersebut," tutupnya. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini