Pemuda Adat Papua Minta Pemerintah Percepat Pemekaran Wilayah

Kamis, 28 April 2022 13:18 Reporter : Supriatin
Pemuda Adat Papua Minta Pemerintah Percepat Pemekaran Wilayah Dewan Pimpinan Nasional Pemuda Adat Papua. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menerima Dewan Pimpinan Nasional Pemuda Adat Papua. Salah satu pembahasan dalam pertemuan menyangkut pemekaran wilayah di Papua.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Pemuda Adat Papua, Jan Cristian Arebo mengatakan, telah menyampaikan dukungan penuh kepada Mahfud MD mengenai pendekatan hukum terhadap teroris di Papua.

"Juga penegakan hukum korupsi di Papua dan mendukung penuh keputusan pemerintah dalam daerah otonomi baru di tanah Papua," katanya dalam konferensi pers, Kamis (28/4).

Jan yakin pemekaran wilayah bisa menyejahterakan masyarakat Papua. Dia juga meminta Presiden Joko Widodo segera mempercepat pemekaran wilayah di Bumi Cendrawasih itu.

"Kami berharap kepada bapak Presiden untuk segera mempercepat DOB (daerah otonomi baru) di tanah Papua guna menciptakan situasi Papua yang aman, damai, kondusif, juga membawa kesejahteraan untuk masyarakat Papua," ujarnya.

Menurut Jan, situasi politik di Papua masih bergejolak. Dia menyebut kelompok terorisme terus mengganggu kedaulatan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) di Papua.

"Untuk itu, kami meminta agar daerah otonomi baru dipercepat untuk memutus gerakan terorisme di tanah Papua," tutupnya. [lia]

Baca juga:
Soal Pemekaran Wilayah, KSP Sebut Pemerintah Terus Bangun Dialog dengan Rakyat Papua
Di Hadapan Mendagri, Megawati Kritik Rencana Pemekaran Daerah
Massa Datangi Kantor Bupati Mimika Dukung Pembentukan Provinsi Papua Tengah
Puan: RUU Pemekaran 3 Wilayah Baru untuk Angkat Harkat dan Martabat Masyarakat Papua
Ketua DPR: Penambahan 3 Provinsi Baru untuk Mempercepat Pembangunan di Papua
Baleg Sebut Tiga RUU Provinsi Papua Baru Jadi Inisiatif DPR

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini