Pemkot Solo Targetkan 2020 Seluruh Pasar Tradisional Terapkan e-Retribusi

Senin, 19 November 2018 11:41 Reporter : Arie Sunaryo
Pemkot Solo Targetkan 2020 Seluruh Pasar Tradisional Terapkan e-Retribusi Ilustrasi Pasar. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Tahun 2020 mendatang, seluruh pasar tradisional yang ada di Kota Solo sudah menerapkan sistem pembayaran retribusi elektronik (e-retribusi). Dari 44 pasar tradisional yang ada saat ini baru 14 diantaranya yang sudah menerapkan e-retribusi.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Surakarta Subagiyo mengatakan, 14 pasar tradisional yang sudah menerapkan e-retribusi tersebut antara lain, Pasar Klewer, Pasar Gede, Pasar Burung Depok, Pasar Singosaren, Pasar Harjodaksino, Pasar Gading, Pasar Tanggul, Pasar Sangkrah, Pasar Jongke, Pasar Gilingan, Pasar Ayu dan lainnya.

"Penerapan e-retribusi ini tujuannya untuk menekan praktik pungli. Ini juga langkah kita dalam rangka menyiapkan pasar tradisional menghadapi pasar global," ujar Subagiyo, Senin (19/11).

Untuk menyukseskan program e-retribusi tersebut, lanjut dia, Pemkot Solo menggandeng pihak perbankan. Mereka nantinya yang akan menjelaskan kepada pedagang tentang pembayaran nontunai.

"Kita menggandeng Bank Jateng, BNI dan BTN. Karena ini pilot project (percontohan) kita bidik pasar tradisional yang lininya menengah ke atas untuk penerapan e-retribusi. Targetnya 2020 semuanya (pasar tradisional) sudah menerapkan e-retribusi," tandasnya.

Lebih lanjut Subagiyo menyampaikan, banyak keuntungan yang didapat dengan penerapan e-retribusi. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap petugas sangat tinggi karena tidak adanya praktik pungli.

Ia menilai, sistem in juga efisien sumber daya manusia (SDM), material dan waktu.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengemukakan, dengan menggunakan sistem e-retribusi maka pendapatan retribusi pasar tradisional secara otomatis masuk ke rekening bank kas daerah Pemkot Surakarta. Sehingga potensi terjadinya praktik pungli sangat kecil. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini