Pemkab Penajam Paser Utara Minta Masukan UGM Terkait Persiapan Ibu Kota Baru

Kamis, 29 Agustus 2019 23:45 Reporter : Purnomo Edi
Pemkab Penajam Paser Utara Minta Masukan UGM Terkait Persiapan Ibu Kota Baru Pemkab Penajam Minta Masukan UGM Terkait Pembangunan Ibukota Baru. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara mulai menyiapkan diri usai dipastikan menjadi lokasi ibu kota baru oleh Presiden Jokowi. Sebagai langkah awal, Pemkab Penajam Paser Utara beraudiensi dan meminta masukan dari ahli lintas disiplin ilmu dari UGM, Kamis (29/8).

Perwakilan Bupati Penajam Paser Utara, Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Niko Herlambang menyampaikan sekitar 40 hektare lahan di Penajam Paser Utara disiapkan menjadi lokasi ibu kota baru. Agar pembangunan ibu kota ini berjalan dengan baik, pihaknya pun meminta masukan dari UGM.

"40 Ribu hektare di kawasan kami, artinya kami harus bersiap-siap. Jangan sampai nanti ibu kotanya terbangun, kami tidak siap. Kami mau prepare bagaimana persiapan pembangunan dan aspek tata ruang yang kami siapkan dalam rangka mengakselerasikan pembangunan ibu kota negara," ujar Niko di UGM.

Niko mengungkapkan ada sejumlah hal yang dibahas bersama dengan para ahli dari UGM terkait persiapan pembangunan ibu kota baru. Salah satu masukan adalah pembangunan SDM di Penajam Paser Utara.

Niko menambahkan masukan terkait pembangunan SDM ini dirasa perlu untuk dilakukan. Harapannya warga Penajam Paser Utara tidak mengalami ketertinggalan SDM. Sehingga nantinya warga Penajam Paser Utara mampu bersaing dengan warga pendatang.

"Kalau kami bisa membangun ibu kota tapi nanti sebagian masyarakat kami tersisihkan, ini jadi problem besar buat kami. Jadi kami tidak ingin itu terjadi dan kami akan menyiapkan SDM kami," pungkas Niko. [ray]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini