Pemkab Pandeglang Minta Pemerintah Bantu Perbaiki Rumah Warga Korban Gempa

Sabtu, 3 Agustus 2019 15:32 Reporter : Dwi Prasetya
Pemkab Pandeglang Minta Pemerintah Bantu Perbaiki Rumah Warga Korban Gempa Prajurit TNI AD Bersihkan Puing Usai Gempa. ©2019 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Gempa magnitudo 6,9 di Banten menimbulkan kerusakan bangunan di sejumlah titik. Kabupaten Pandeglang menjadi daerah yang paling banyak mengalami kerusakan.

Bupati Pandeglang Irna Narulita meminta pemerintah pusat dan Pemprov Banten membantu membangun kembali rumah rusak milik warga akibat gempa tersebut.

Irna mengatakan anggaran Pemkab Pandeglang saat ini terbatas dan tidak dapat menangani semua kerugian material akibat gempa di daerah tersebut.

"Anggaran kami sudah tertutup karena sudah berjalan, maka kami akan mohon bantuan pemerintah pusat dan Pemprov Banten," kata Irna saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kampung Karoya, Desa Panjangjaya, Mandalawangi, Pandeglang, Sabtu (3/8).

Disampaikan Irna, meskipun Pemkab masih memiliki anggaran tak terduga sebesar Rp2,5 miliar namun tidak bisa untuk mengganti kerugian secara keseluruhan. Data terbaru ada 107 rumah warga Pandeglang rusak ringan, sedang dan berat.

"Kita akan lihat apakah yang ringan bisa dari APBD kami. Mungkin sedang dan berat ada kebijaksanaan dari pusat dan Pemprov Banten," tuturnya.

Namun hingga saat ini, pihaknya belum bisa memperkirakan kerugian material bangunan yang terdampak secara keseluruhan di kabupaten Pandeglang. "Kisaran kerugian belum kita hitung," ujar Irna. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini