Panggil Ridwan Kamil, Polisi Usut Implementasi Pergub Penanganan Covid-19 di Jabar

Kamis, 19 November 2020 18:01 Reporter : Nur Habibie
Panggil Ridwan Kamil, Polisi Usut Implementasi Pergub Penanganan Covid-19 di Jabar Brigjen Pol Awi Setiyono. ©2020 Merdeka.com/Antara

Merdeka.com - Penyidik gabungan Bareskrim Polri bersama dengan Polda Jawa Barat akan melakukan pemanggilan terhadap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Jumat (20/11) besok. Pemanggilan ini buntut dari acara di Megamendung yang menghadirkan kerumunan massa, beberapa hari lalu.

Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Awi Setiyono mengatakan, Kang Emil sapaan Ridwan Kamil mengetahui persis soal acara yang berada di Megamendung. Karena, Emil yang mengeluarkan Pergub terkait penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Jawa Barat

"Jadi memang sudah saya sampaikan tadi ini kan penyidik gabungan dari Bareskrim dan Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat. Tentunya kita bersinergi dan terkait pemanggilan Gubernur Jawa Barat di Bareskrim, beliau tentunya dipanggil kapasitasnya sebagai Gubernur Jawa Barat tahu persis," kata Awi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (19/11).

"Karena dia yang mengeluarkan Pergub terkait penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Jawa Barat, bagaimana implementasinya ke bawah, apa perintahnya ke bawah, kemudian beliau mengetahui kejadian kemarin apa reaksinya, apa upayanya, tentunya ini yang akan digali oleh penyidik," sambungnya.

Ia menegaskan, pemeriksaan atau klarifikasi yang dilakukan oleh pihaknya terkait dugaan adanya pelanggaran Protokol Kesehatan (Prokes).

"(Peristiwa yang di Megamendung) Pokoknya pelanggaran protokol kesehatan. kan wilayahnya hukum masing-masing, jadi kalau masih mempertanyakan pak Gubernur Banten mau diperiksa juga, kapasitasnya apa? karena lokus diktinya kejadiannya di Jakarta itu wilayah hukumnya di Polda Metro Jaya. Jadi, tidak ada kapasitasnya penyidik memanggil Gubernur Banten," tegasnya.

Jenderal bintang satu ini menyebut, tak hanya melakukan pemeriksaan terhadap Kang Emil saja. Melainkan juga akan melakukan pemeriksaan terhadap 10 orang saksi lainnya di Polda Jawa Barat.

"Terkait Gubernur Jawa Barat untuk klarifikasi memang dijadwalkan besok pada tanggal 20 hari Jumat pukul 10.00 Wib. sudah ada konfirmasi beliau mau datang dan kita sama-sama tunggu," sebutnya.

"Kemudian 10 saksi yang lainnya dikonfirmasi di Polda Jawa Barat. Ini terkait dengan locus di Megamendung," tutupnya.

Ridwan Kamil Siap Penuhi Panggilan Polisi

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan akan memenuhi panggilan polisi di Bareskrim Mabes Polri pada Jumat (20/11) besok. Ridwan Kamil dimintai keterangan terkait kerumunan massa saat acara peletakan batu pembangunan masjid yang dihadiri pimpinan FPI Muhammad Rizieq Shihab di kawasan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Ridwan Kamil mengaku ada beberapa hal dijelaskannya dalam pemeriksaan tersebut. Termasuk mengenai peraturan gubernur hingga hierarki birokrasi di Jawa Barat.

"Pak Anies Baswedan sudah memberikan klarifikasi. Saya menerima surat kemarin sore, sama juga, untuk dimintai keterangan. Bahasanya bukan diperiksa tapi dimintai tambahan keterangan terkait acara di Bogor," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Kamis (19/11).

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil mengaku akan ditemani biro hukum Pemprov Jabar menghadiri pemeriksaan tersebut. Dia akan menjelaskan soal protokol kesehatan dan sistem pemerintahan di Jabar dalam klarifikasinya.

"Pukul 09.00 Wib saya akan hadir ditemani oleh biro hukum. Banyak pertanyaan dengan peraturan gubernur yang berhubungan dengan protokol kesehatan dan proses hierarki (sistem pemerintahan)," ujar dia. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini