Nama Kabupaten Toba Samosir Berubah Jadi Toba

Kamis, 5 Maret 2020 22:33 Reporter : Yan Muhardiansyah
Nama Kabupaten Toba Samosir Berubah Jadi Toba Bupati Toba Samosir Darwin Siagian. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Nama Kabupaten Toba Samosir, Sumut, sudah berubah menjadi Kabupaten Toba. Presiden Joko Widodo dikabarkan telah meneken perubahan nama itu.

Bupati Toba, Darwin Siagian, mengatakan, pergantian nama itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2020 yang diteken Senin (24/2) dan diundangkan pada Rabu (26/2).

"Kita berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang sudah menerima aspirasi masyarakat untuk perubahan nama itu," ungkap Darwin, Kamis (5/3).

Pergantian nama ini dinilai perlu. Selama ini masyarakat sering bingung membedakan dua kabupaten, yakni Toba Samosir dan Samosir.

Menurut Darwin, perubahan nama ini akan memberi semangat baru bagi pembangunan. Langkah itu juga akan berdampak baik bagi pengembangan pariwisata di daerahnya.

"Wisatawan menjadi tidak bingung. Orang yang mau datang ke Toba atau ke Samosir sudah pasti," sebut Darwin.

Perubahan nama ini akan diumumkan secara resmi pada hari jadi kabupaten itu. Sebelumnya Toba Samosir resmi menjadi satu kabupaten yang dimekarkan dari Tapanuli Utara pada 9 Maret 1999.

"Pergantian nama menjadi Toba akan diumumkan pada hari jadi ke-21, tepatnya 9 Maret 2020. Akan kita bacakan di DPRD," tuturnya. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Balige Toba Samosir
  3. Danau Toba
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini