Muncul virus Petya, Menkominfo minta masyarakat peduli gadget

Jumat, 30 Juni 2017 16:22 Reporter : Yunita Amalia
Muncul virus Petya, Menkominfo minta masyarakat peduli gadget Menkominfo Rudiantara. ©2017 merdeka.com/anisyah

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta masyarakat Indonesia meningkatkan kepeduliannya terhadap seluruh gadget. Hal ini sebagai upaya antisipasi serangan virus dengan menyandera data untuk kemudian diminta tebusan.

Terlebih, kata Rudi, saat ini serangan virus ransomware bernama Petya menjadi sorotan pemerintah. Mengingat virus yang memiliki sifat hampir mirip dengan virus ransomware wannacry itu juga merebak ke beberapa negara.

"Kalau misalnya saat membuka PC atau laptop atau gadget apapun lalu mendapat pesan yang diduga merupakan virus segera back up data," kata Rudi saat konferensi pers di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (30/6).

Dia menambahkan masyarakat umumnya tidak paham benar bahkan cenderung abai terhadap hal hal yang muncul secara mendadak pada tampilan layar dan mengikuti langkah langkah yang muncul. Hal itulah, tukasnya, cyber crime melalui virus ransomware mendeskripsi data-data yang ada kemudian menyanderanya untuk dimintai tebusan.

Oleh karena itu, saat hal itu terjadi pengguna gadget diharuskan segera mematikan gadget mereka.

"Sebelum reboot atau restart otomatis, langsung matikan saja bahkan kalau perlu langsung matikan saja listriknya. Atau kalau misalnya mau buka PC secepatnya back up data," terangnya.

Tidak hanya menyerang perangkat keras yang ada di PC atau Laptop, ponsel pintar saat ini juga perlu diperhatikan.

Rudi menuturkan ponsel pintar Android misalnya juga perlu diperhatikan keamanannya. Dia kembali mengingatkan untuk mengunduh sesuatu sumbernya harus terpercaya, itu pun tidak bisa menjamin bebasnya virus. Namun hal tersebut tidak cukup berdampak besar dibanding jika virus menyerang PC ataupun Laptop.

"Sumbernya harus terpercaya. Ada juga sumbernya terpercaya tapi nanti jadi spam itu ada, makanya perbaharui terus anti virusnya. Kesadaran security itu disiplin kita," tandasnya. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini