Modus gelar razia, pelaku curanmor berseragam polisi dihakimi massa

Senin, 9 April 2018 13:19 Reporter : Darmadi Sasongko
Modus gelar razia, pelaku curanmor berseragam polisi dihakimi massa Polisi gadungan di Malang lakukan pemerasan dengan gelar razia. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Malang, Jawa Timur berpura-pura sebagai anggota kepolisian. Pelaku berseragam korps Bhayangkara melakukan razia dan berusaha merampas kendaraan milik korban.

"Awalnya bapak saya itu teriak-teriak, karena ada yang minta tolong. Terus saya kejar," kata Chandra, saksi mata yang turut mengamankan pelaku, Senin (9/4).

Polisi gadungan tersebut melakukan razia dengan memeriksa korban D, siswi sebuah SMP. Korban dengan alasan tidak memenuhi kelengkapan dan surat-surat, dibawa dua orang pelaku berikut sepeda motornya.

Aksi dilakukan oleh dua orang dengan mengenakan seragam yang sama. Korban dibonceng pelaku, sementara yang lain membawa sepeda motor korban.

Chandra mengaku, awalnya tidak mengetahui kalau pelaku berseragam polisi, karena memang mengenakan jaket. Namun karena teriakan warga, dirinya spontan memberikan pertolongan.

Pelaku meninggalkan korban dan sempat berlari ke sawah. Namun berhasil ditangkap dan dihakimi masyarakat.

"Orangnya pakai jaket. Tahunya lari ke sawah sembunyi di sana," tegasnya.

Lokasi kejadian berada tengah sawah di Dusun Bangsri, Desa Ardirejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Karena teriakan korban yang minta tolong, pelaku berhasil ditangkap dan dipukuli massa.

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung membenarkan kejadian tersebut dan petugas di lapangan tengah melakukan pengembangan kasusnya. Pihaknya juga membenarkan kalau pelaku bermodus mengenakan seragam polisi.

"Pelaku modus pura-pura pake seragam polisi lalu pura-pura setop pengendara. Karena tidak bawa SIM, STNK lalu sepeda motornya mau diambil," kata Yade Setiawan Ujung.

"Korban teriak lalu ditangkap massa dan petugas patroli. Kasusnya sedang kita tangani dan proses lanjut," tegasnya.

Sementara itu, sekitar pukul 12.00 WIB, pelaku terlihat dibawa memasuki ruang pemeriksaan. Pelaku dengan kondisi diborgol diapit oleh dua orang anggota polisi. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Polisi Gadungan
  2. Curanmor
  3. Malang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini