Merasa Suara Dicurangi, Caleg PAN di Riau Laporkan Temannya ke Bawaslu

Kamis, 25 April 2019 22:02 Reporter : Abdullah Sani
Merasa Suara Dicurangi, Caleg PAN di Riau Laporkan Temannya ke Bawaslu rekapitulasi suara hasil pemilu tingkat kecamatan. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN) nomor urut 4 Maspar Makmur melaporkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Kuantan Hilir Seberang Kabupaten Kuantan Singingi. Laporan itu dilayangkan ke Bawaslu dan Polres Kuansing, atas dugaan penggelembungan suara salah satu caleg PAN lainnya.

Pihak pelapor dan terlapor merupakan sesama kader PAN yang maju dalam Pileg 2019 menuju DPRD Kuantan Singingi. Itu terjadi lantaran adanya selisih suara yang diduga berbeda dengan data formulir C-1.

"Iya benar. Yang bersangkutan (Maspar) membuat laporan keberatan hasil perhitungan suara setelah sidang pleno PPK di Kantor Kecamatan Kuantan Hilir Seberang," ujar Kapolres Kuantan Singingi AKBP Muhammad Mustofa saat dikonfirmasi merdeka.com, Kamis (25/4).

Laporan tersebut masuk ke Polres Kuansing dan Bawaslu setempat. Namun untuk menindaklanjuti laporan pemilu, Mustofa menyebutkan kewenangannya ada di Gakkumdu Bawaslu Kuansing. Di sana, ada petugas dari Kejaksaan dan kepolisian serta anggota Bawaslu.

"Sesuai mekanisme pelaporan yang berlaku, tindak lanjut pelaporan tersebut ada di Gakumdu Bawaslu," jelas Mustofa.

Terjadinya dugaan penambahan suara tersebut membuat Maspar merasa dirugikan. Para Caleg PAN ini tengah berebut dua kursi pada dapil mereka. [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini