Menteri Pertahanan Soal FPI: Jika Tak Sejalan dengan Pancasila, Tak Usah di Sini

Senin, 29 Juli 2019 16:09 Reporter : Hari Ariyanti
Menteri Pertahanan Soal FPI: Jika Tak Sejalan dengan Pancasila, Tak Usah di Sini Menhan Ryamizard Ryacudu. ©2019 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu sepakat dengan Presiden Jokowi untuk mengkaji sisi keamanan dan ideologis perpanjangan izin ormas Front Pembela Islam (FPI). Dia menegaskan jika ada ormas yang tak sejalan dengan Pancasila, tak boleh tinggal di Indonesia.

"Saya rasa yang sudah disampaikan presiden sudah jelas. Kalau siapa pun yang tidak sejalan dengan ideologi Pancasila, enggak usah di sini. Ini negara Pancasila kok, cari aja tempat yang enggak ada Pancasilanya," jelasnya usai acara silaturahmi purnawirawan TNI di Gedung AH Nasution Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (29/7).

Ryamizard melanjutkan, kewajiban mematuhi Pancasila memiliki aturan. UU juga dibuat berdasarkan Pancasila sehingga semua harus mematuhi apa yang diatur di dalamnya. Pancasila adalah perekat bangsa, selain sebagai ideologi.

"Mematuhi Pancasila kan ada aturannya. UU semua dibuat berdasarkan Pancasila, digunakan sebagai pemersatu, pandangan hidup, ideologi negara," jelasnya.

Pihak yang ingin mengubah ideologi Pancasila harus dianggap sebagai musuh bersama. Karena Pancasila adalah perekat kebangsaan.

"Pancasila itu adalah perekat. Kalau lemnya dicopot, enggak bersatu lagi, bangsa ini ya pecah," ujarnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini