KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Menteri Nasir gagal penuhi target bawa 3 PTN jadi kelas dunia

Rabu, 28 Desember 2016 14:32 Reporter : Rizky Andwika
Diskusi Energi Kita. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) gagal membawa tiga perguruan tinggi nasional (PTN) menjadi standar kelas dunia. Mereka hanya mampu membawa dua perguruan tinggi, yakni Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sedangkan, Universitas Gajah Mada (UGM) gagal masuk dalam jajaran 500 perguruan tinggi terbaik sedunia. Meski demikian, Kemenristekdikti berhasil menaikkan peringkat Universitas Indonesia menjadi peringkat 325 dunia atau naik 33 poin dari peringkat sebelumnya.

"UGM hampir masuk peringkat 500 besar dunia," kata Menristekdikti M Nasir dalam acara Menatap Kinerja 2016 dan Menyulam Karya 2017 di Ruang Auditorium Lantai 2 Gedung D, Kemenristekdikti, Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta, Rabu (28/12).

Sementara itu, Nasir menjelaskan pihaknya telah mampu memenuhi target lainnya, yakni meningkatkan jumlah perguruan tinggi yang mampu meraih akreditasi A selama tahun 2016. Nasir menjelaskan jumlah universitas yang meraih akreditasi A pada tahun 2015 hanya lima perguruan tinggi dan tahun ini ada 22 perguruan tinggi.

"Yang mendapatkan akreditasi A sembilan di antaranya adalah perguruan tinggi swasta, di antaranya Binus dan Telkom Bandung," ujarnya. [ang]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.