Menteri Anies: Ujian Nasional bukan prioritas penentu kelulusan

Senin, 1 Desember 2014 15:54 Reporter : Faiq Hidayat
Menteri Anies: Ujian Nasional bukan prioritas penentu kelulusan Anies Baswedan. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Ujian Nasional tak akan jadi prioritas kelulusan. Ujian Nasional sudah mendekati ujung jadi harus segera dievaluasi. Tak lagi UN (ujian nasional) dipandang sesuatu yang memberatkan.


- Anies Baswedan

Merdeka.com - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan mengatakan, Ujian Nasional (UN) tak akan menjadi prioritas kelulusan siswa sekolah. Oleh sebab itu, pihaknya akan mengevaluasi kurikulum tahun 2013 terlebih dahulu.

"Ujian Nasional tak akan jadi prioritas kelulusan. Ujian Nasional sudah mendekati ujung jadi harus segera dievaluasi. Tak lagi UN (ujian nasional) dipandang sesuatu yang memberatkan," kata Anies di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (1/12).

Namun dalam prioritas kelulusan, Anies tak akan terburu-buru soal perubahan kurikulum tahun 2013 karena hanya membuat sulit semua pihak.

"Kurikulum dievaluasi dulu, kalau gonta-ganti hanya bikin repot semua orang. Sudah ada peraturan pemerintah yang mengevaluasi. Kalau buat perubahan itu evaluasi dulu baru diterapkan," kata dia.

Seperti diketahui penilaian kompetensi siswa dalam kurikulum 2013 ada tiga kompetensi yakni sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Terkait kurikulum 2013 itu, ujian kompetensi pengetahuan (UKP) akan memiliki dua fungsi yakni sebagai salah satu indikasi kompetensi/kelulusan siswa lulus ujian kompetensi sikap (UKS) dan ujian kompetensi keterampilan (UKK), dan juga sebagai pemetaan mutu sekolah dan mutu daerah. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini