Menkominfo tegaskan tak pernah minta Instagram hapus foto Amien Rais-Rizieq

Selasa, 5 Juni 2018 20:39 Reporter : Hari Ariyanti
Menkominfo tegaskan tak pernah minta Instagram hapus foto Amien Rais-Rizieq Menkominfo Rudiantara. ©2017 Merdeka.com/nur habibie

Merdeka.com - Akun Instagram resmi Amien Rais beberapa hari lalu mengunggah foto kebersamaan Amien Rais, Prabowo Subianto dan Rizieq Shihab saat mereka bertemu di Tanah Suci Mekkah. Namun setelah diunggah, foto itu pun kemudian hilang dari Instagram.

Menanggapi hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengatakan pemerintah tak pernah meminta foto seseorang dihapus dari akun Instagram. Ia mengatakan apa yang terjadi terhadap unggahan akun Amien Rais itu kemungkinan karena ada laporan dari masyarakat.

"Pemerintah dalam hal ini Menkominfo tidak pernah meminta Instagram untuk take down dari foto orang yang sedang umrah di Mekkah. Secara teknis kemungkinan yang terjadi adalah, mungkin yang punya akun dia take down sendiri. Atau ada aduan dari komunitas atau masyarakat," jelasnya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (5/6) petang.

Rudi mengatakan jika ada unggahan yang dilaporkan, Kemenkominfo hanya bisa menandai foto tersebut. Untuk menurunkan atau menghapus foto unggahan pemilik akun menjadi kewenangan Instagram.

"Kan kita bisa centang tuh. Itu juga bisa. Tapi itu yang menetapkan nanti Instagram. Yang pasti pemerintah Kominfo tidak melakukan itu," tegasnya.

"Saya itu hanya meng-address apabila ada konten-konten yang negatif. Jadi kalau misalkan haknya segala rupa itu hubungan antara user dengan yang menyediakan fasilitas," ujarnya. [rzk]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini