Menengok Patung Bung Karno yang Berdiri Gagah di Buleleng Bali

Rabu, 22 September 2021 15:03 Reporter : Moh. Kadafi
Menengok Patung Bung Karno yang Berdiri Gagah di Buleleng Bali Patung Bung Karno di Buleleng. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Patung logam Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno setinggi delapan meter telah terpasang di Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Taman Bung Karno, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Buleleng, Gede Melandrat menerangkan, patung Bung Karno sudah tiba di Buleleng sejak tiga hari lalu. Berbagai kelengkapan alat berat untuk menaikkan patung sudah dipersiapkan secara maksimal, sehingga hari ini patung Bung Karno bisa ditempatkan di atas pedestalnya.

"Kami bersama kontraktor selama tiga hari telah mempersiapkan alat-alat dengan baik, agar ketika patung Bung Karno dinaikkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Melandrat dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/9).

Patung yang berdiri gagah, dengan memakai baju kebesaran dan peci, yang sedang berdiri dengan posisi tangan kanan menunjuk ke depan dan tangan kiri memegang tongkat itu, diletakkan pada Selasa (21/9) kemarin.

Melandrat menyebutkan, untuk pengerjaan selanjutnya penataan RTH Bung Karno masih pada penyelesaian Patung Singa Ambara Raja beserta stagenya. Kemudian pengerjaan wantilan juga nanti akan dibangun Patung Bung Karno dalam momen sungkem.

"Dibangunnya Patung Bung Karno sungkem di wantilan itu nantinya akan dijadikan tempat edukasi sejarah Bung Karno, pementasan film dan juga karya seni akan dipajang di wantilan," sebutnya.

Menurutnya, dengan adanya Patung Bung Karno sangar besar potensinya menjadi salah satu destinasi wisata sejarah nasional ke depannya. Ia juga meyakini pengerjaan RTH Bung Karno dapat selesai tempat waktu.

"Hingga hari ini pengerjaan RTH Bung Karno sudah mencapai 60 persen lebih, kami yakin pengerjaan dapat tuntas tepat waktu," ujarnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bung Karno
  3. Buleleng
  4. Soekarno
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini