Ma'ruf: Santri Jangan Merasa Tak Punya Masa Depan, Gus Dur Bisa Jadi Presiden

Kamis, 7 November 2019 16:28 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Ma'ruf: Santri Jangan Merasa Tak Punya Masa Depan, Gus Dur Bisa Jadi Presiden Wapres Maruf Amin resmikan RS Syubbanul Wathon di Magelang. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin yakin para santri asrama perguruan Islam, Magelang memiliki masa depan yang cerah. Dia mengatakan, santri bisa jadi apa saja. Mulai dari Kiai, Bupati, Menteri hingga Presiden.

"Para santri, santri banyak jadi menteri. Betul kata Cak Imin, santri itu tidak boleh merasa tidak punya masa depan," kata Ma'ruf saat mengunjungi asrama perguruan Islam, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (7/11).

1 dari 2 halaman

Gus Dur Jadi Contoh

Dia pun menceritakan kiai Abdurrahman Wahid atau sapaan akrabnya Gus Dur lulusan dari asrama perguruan Islam juga pernah jadi pemimpin di Indonesia. Sebab itu, kata dia, jika ada santri yang jadi pemimpin presiden atau wapres hal tersebut akan mengulang sejarah.

"Lah Gus Dur itu kan santri, santri Tegal Rejo lagi. Jadi kalau ada nanti santri Tegal Rejo jadi Presiden, itu hanya mengulang sejarah saja itu, insyaallah," ungkap Ma'ruf disambut tepuk tangan para santri.

Sebab itu, kata Ma'ruf, santri harus siap ditempatkan di mana saja. Dan harus mengerti digital agar bisa jadi penerus masa depan.

"Santri ini selain dipersiapkan menyiapkan untuk orang beragama tapi juga mempunyai ilmu-ilmu khusus ekspert untuk bidang bidang yang lain," kata Ma'ruf.

2 dari 2 halaman

Santri Bisa Go Internasional

Ma'ruf Amin juga optimis dengan adanya persiapan yang matang santri bisa tampil di forum internasional. Dengan adanya peran santri, kata dia, Indonesia memiliki peran lebih baik.

"Saya yakin kalau dengan persiapan seadanya kita bisa tampil di forum forum kenegaraan, jadi wapres, presiden, kita optimis ke depan santri akan punya peran lebih besar di dalam negera republik Indonesia," ungkap Ma'ruf.

Ma'ruf yakin dengan mengajak seluruh pihak Indonesia akan lebih maju. Sebab itu dia meminta agar terus mengawal negara ini.

"Kita harus yakin, kita ingin mendorong saya mengajak semua, bahwa mengawal negara adalah sesuatu yang tidak bisa tidak," ungkap Ma'ruf. [rnd]

Baca juga:
Kepada Santri di Magelang, Ma'ruf Cerita Tak Pernah Disiapkan Jadi Wapres
Kunjungi Pesantren di Jateng, Ma'ruf Berterimakasih Sudah Didukung di Pilpres
Wapres Ma'ruf Amin: Pembangunan RS Syubbanul Bentuk Gotong Royong Semua Pihak
Jokowi-Ma'ruf Amin akan Hadiri Puncak Kongres dan HUT NasDem
Bertolak Ke Magelang, Wapres Ma'ruf Akan Resmikan Rumah Sakit Syubbanul Wathon

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini